4 Manfaat diet air putih, siapa tertarik untuk mencoba?

Kamis, 04 Februari 2021 | 22:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Manfaat diet air putih, siapa tertarik untuk mencoba?


KESEHATAN - JAKARTA. Diet air putih atau water fasting adalah salah satu jenis diet yang dicoba oleh banyak orang. Jenis diet ini membatasi konsumsi makanan dan minuman apapun kecuali air putih. Dengan melakukannya secara benar, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapat.

Selain menurunkan berat badan, water fasting juga mampu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Meski demikian, jenis diet tersebut tidak boleh dilakukan dalam jangka waktu yang terlalu lama.

Meski belum ada aturan pasti tentang pelaksanaan diet, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter agar diet bisa berjalan secara efektif dan memberikan hasil yang maksimal. Jika tidak, tubuh tidak akan merasakan manfaat-manfaat diet.

Meningkatkan Autophagy

Autophagy adalah proses daur ulang sel lama menjadi sel baru sehingga risiko beberapa penyakit, seperti kanker atau penyakit jantung, bisa turun. Mengutip dari Healhtline (healthline.com), water fasting dapat meningkatkan autophagy.

Baca Juga: Catat, ini 7 makanan pembakar lemak yang bisa membantu diet

Menurunkan Tekanan Darah

Bagi penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, cobalah untuk melakukan diet air putih. Manfaat tersebut dibuktikan dalam sebuah penelitian yang melibatkan 68 penderita hipertensi. Mereka melakukan water fasting selama 14 hari.

Hasilnya, 82% partisipan mengalami penurunan tekanan darah hingga mencapai batas normal. Jika Anda tertarik untuk melakukan jenis diet tersebut, cobalah untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Salah satu manfaat diet air putih adalah menurunkan risiko penyakit kronis.

Healthline menyebutkan bahwa water fasting dapat menurunkan risiko beberapa penyakit kronis, seperti diabetes, kanker, atau sakit jantung. Jenis diet tersebut mampu melawan serangan radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan berbagai macam penyakit.

Penelitian lain menunjukkan bahwa diet air putih mampu menekan pertumbuhan gen yang berpotensi sebagai sel kanker. Tak hanya itu, water fasting pun dapat menurunkan efek kemoterapi yang dijalani oleh banyak orang.

Baca Juga: Tips diet ala Rina Gunawan: Minum air putih 6 liter sehari

Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Water fasting pun bermanfaat untuk meningkatkan sensitivitas insulin. Insulin adalah salah satu komponen penting yang membantu tubuh menyimpan berbagai nutrisi dari aliran darah. Saat sensitivitas meningkat, fungsinya pun akan berkerja secara optimal.

Seperti yang telah dikatakan, water fasting menyimpan banyak efek samping jika dilakukan dengan cara yang kurang tepat. Beberapa efek samping yang bisa terjadi adalah hipotensi ortostatik, tubuh dehidrasi, hingga memperparah jenis pengobatan tertentu.

Selanjutnya: 5 Langkah mudah menghilangkan lemak perut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru