Tak perlu obat-obatan, ini cara mengatasi kulit kering secara alami

Kamis, 04 Maret 2021 | 17:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tak perlu obat-obatan, ini cara mengatasi kulit kering secara alami


KESEHATAN - JAKARTA. Kulit kering bisa terjadi karena banyak hal. Namun jangan khawatir ada cara mengatasi kulit kering secara alami, tanpa obat-obatan.

Ada beragam penyebab kulit kering yang bisa Anda alami. Mulai dari kebiasaan mandi dengan air panas, cuaca, hingga penggunaan produk perawatan yang tidak tepat. Alih-alih memakai produk yang dijual di pasaran, cara mengatasi kulit kering bisa dilakukan dengan bahan alami.

Kebanyakan produk yang dijual di pasaran dibuat menggunakan bahan kimia, tak terkecuali alkohol dan pewangi. Bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan iritasi, apalagi bagi pemilik tipe kulit sensitif. Untuk menghindari hal itu, cobalah untuk memanfaatkan bahan alami yang mengandung banyak nutrisi.

Meski demikian, Anda tetap perlu melakukan uji coba terhadap bahan alami yang ingin Anda pakai. Oleskan sedikit bahan alami pada satu titik kulit. Jika tak ada reaksi alergi yang muncul, bahan alami itu cukup aman untuk Anda gunakan.

Minyak Zaitun

Cara mengatasi kulit kering pertama yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan minyak zaitun. Tak hanya melembabkan, Everyday Health (everydayhealth.com) mengatakan bahwa minyak zaitun juga mampu membersihkan kulit secara maksimal karena tidak merusak minyak alami kulit.

Baca Juga: Kiat mencegah dan mengatasi bibir kering

Alpukat

Masker alami untuk kulit kering bisa Anda buat dari alpukat, lo. Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, campur setengah alpukat dengan 1 sdt minyak zaitun. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada wajah selama 15 hingga 20 menit.

Selanjutnya, bilas dengan air. Anda bisa menambahkan 1 sdm madu pada masker yang Anda buat jika kulit Anda benar-benar kering. Cobalah untuk melakukan langkah itu secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.

Baca Juga: 6 Bahan ini bisa diolah sebagai masker alami untuk wajah

Oatmeal dan Madu

Salah satu cara mengatasi kulit kering adalah dengan memakai oatmeal dan madu.

Cara mengatasi kulit kering selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan oatmeal dan madu. Kombinasi bahan alami itu mampu membersihkan sel kulit mati sehingga produksi minyak alami kulit menjadi lebih efektif.

Pertama, camput 2 sdm oatmeal dengan 1 sdm madu dan sedikit air. Melansir dari Everyday Health, sebaiknya hangatkan dulu campuran itu sebelum Anda pakai. Setelah itu, gunakan campuran itu pada wajah selama minimal 15 menit lalu bilas dengan air.

Minyak Kelapa

Selain bahan-bahan di atas, minyak kelapa juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan kulit kering. Anda bisa menggunakan bahan alami itu kapan pun. Namun, hasilnya akan lebih terasa saat Anda menggunakannya sebelum tidur di malam hari.

Selanjutnya: 6 Bahan alami ini cocok jadi scrub wajah, lo. Mau coba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru