4 Cara mendongkrak imun tubuh yang perlu Anda coba

Kamis, 25 Februari 2021 | 18:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara mendongkrak imun tubuh yang perlu Anda coba


KESEHATAN - Salah satu cara tubuh mengatasi infeksi virus atau bakteri penyebab penyakit adalah dengan sistem imun yang kuat. Sayangnya, daya tahan Anda tak selalu bagus. Maka dari itu, Anda perlu melakukan cara meningkatkan imun tubuh.

Cara termudah yang perlu Anda lakukan secara disiplin adalah mencuci tangan. Menurut situs Riverside Medical Clinic, cuci tangan bisa menghentikan penyebaran kuman yang menempel di tangan Anda.

Usahakan untuk tidak mencuci tangan dengan terburu-buru, agar semua kuman bisa dibersihkan secara maksimal. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir minimal selama 20 detik, ya.

Selain itu, masih banyak cara lain yang bisa Anda coba untuk menjaga daya tahan tubuh.

Olahraga

Rajin olahraga jadi cara selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk menjaga sistem imun tubuh. Tak hanya membantu tubuh mengeluarkan lebih banyak zat racun dan hormon stres, rajin olahraga mampu membuat kesehatan jantung dan organ lain terjaga.

Namun, pastikan untuk tidak berlebihan dalam melakukan olahraga, ya. Olahraga yang terlalu keras justru bisa mengganggu sistem imun sehingga tubuh Anda menjadi lebih mudah sakit.

Jika diperlukan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat saran olahraga apa yang tepat untuk dicoba.

Baca Juga: Intip cara bos Adi Sarana Armada (ASSA) menjaga daya tahan tubuh dari Covid-19

Konsumsi vitamin

Cara meningkatkan imun tubuh yang tidak boleh Anda lupakan adalah dengan memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin. Mulai dari vitamin C, vitamin D, vitamin B6, vitamin E, dan jenis vitamin serta mineral yang lain.

Vitamin C, vitamin B6, dan vitamin E bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi beberapa jenis makanan. Misalnya, jeruk, stroberi, tuna, dan bayam. Sedangkan untuk vitamin D bisa Anda dapat dari sinar matahari.

Jika dirasa kurang, Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin dengan mengonsumsi suplemen.

Tidur berkualitas

Tidur berkualitas jadi salah satu cara meningkatkan imun tubuh.

Selain olahraga dan mengonsumsi vitamin, tidur yang berkualitas juga bisa jadi cara meningkatkan imun tubuh. Saat tidur, sel, protein, dan komponen lain dalam tubuh akan diperbaiki sehingga kualitasnya tetap terjaga.

Ketika waktu tidur Anda terganggu, fungsi tersebut tidak bisa berjalan normal sehingga sistem imun tubuh menurun.

Baca Juga: 3 Vitamin yang penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari virus corona

Kelola etres

Riverside Medical Clinic menyebutkan, mengelola stres dengan baik berpengaruh pada kekuatan sistem imun tubuh Anda. Saat stres, ada banyak inflamasi dalam tubuh yang berpengaruh pada jumlah sel darah putih.

Jumlah sel darah putih yang berkurang membuat tubuh Anda rentan terkena penyakit, seperti flu atau demam. Ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk mengelola stres dengan baik. Misalnya, olahraga, melakukan hobi, yoga, membuat jurnal, atau meditasi.

Selanjutnya: Penting menjaga imunitas di masa pandemi, begini saran para bankir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru