4 Cara menghilangkan jerawat batu ini perlu Anda coba

Kamis, 08 April 2021 | 12:28 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara menghilangkan jerawat batu ini perlu Anda coba

ILUSTRASI. Cara menghilangkan jerawat batu bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan beberapa bahan di sekitar Anda.


KESEHATAN - Ada banyak jenis jerawat yang bisa Anda alami. Salah satunya adalah jerawat batu. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena berbagai macam cara menghilangkan jerawat batu bisa Anda coba sehingga kondisi kulit kembali sehat.

Sama seperti jenis jerawat yang lain, jerawat batu muncul akibat pori-pori wajah yang tersumbat minyak, sebum, atau jenis kotoran lain. Yang membedakan adalah jerawat batu terjadi pada lapisan kulit yang lebih dalam.

Infeksi tersebut menyebabkan munculnya benjolan kemerahan dan terasa sakit. Tidak hanya wajah, jenis jerawat itu juga bisa muncul di bagian kulit yang lain. Jika Anda mengalami masalah kulit tersebut, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan di sekitar Anda.

Cuka apel

Melansir Stylecraze, cuka apel mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan kulit untuk menyembuhkan jerawat batu. Mulai dari astringen alami, antibakteri, antiseptik, dan antiinflamasi.

Selain itu, cuka apel juga mampu menyeimbangkan pH kulit sehingga jerawat batu bisa Anda hindari. Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Oleskan cuka apel pada area kulit yang berjerawat menggunakan kapas.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, cobalah untuk mencampur cuka apel dengan air. Lakukan cara tersebut dua kali dalam satu hari untuk mendapat hasil yang maksimal.

Baca Juga: Cari cara menghilangkan jerawat batu? Bahan alami ini jawabannya

Minyak mimba

Menggunakan minyak mimba atau neem oil termasuk salah satu cara menghilangkan jerawat batu yang bisa Anda coba. Anda perlu membersihkan kulit terlebih dahulu. Setelah itu, aplikasikan minyak mimba pada kulit dengan gerakan memutar.

Anda perlu membiarkan jenis minyak itu meresap dalam kulit selama semalaman. Di pagi hari, bersihkan sisa minyak yang masih menempel dengan air. Selain meredakan peradangan, minyak mimba juga efektif membasmi bakteri penyebab jerawat.

Garam Inggris

Stylecraze merekomendasikan garam inggris atau epsom salt untuk mengobati jerawat batu yang Anda alami. Kandungan dalam jenis garam itu mampu menyerap minyak berlebih dan mengurangi perkembangan bakteri penyebab jerawat.

Caranya, campur garam inggris, baking soda, dan air hangat hingga berbentuk pasta. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada jerawat batu lalu diamkan sampai mengering.

Selanjutnya, bilas dengan air hangat. Lakukan cara tersebut dua hari sekali supaya jerawat batu bisa hilang dengan lebih cepat.

Baca Juga: 6 Cara menghilangkan jerawat secara alami, mudah dicoba

Baking soda

Salah satu manfaat baking soda adalah digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat batu.

Cara menghilangkan jerawat batu lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah dengan memanfaatkan baking soda. Campur 1 sdm baking soda dengan air hingga berbentuk pasta lalu aplikasikan pada jerawat. Diamkan dulu selama minimal 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Antibakteri dalam baking soda efektif mencegah pertumbuhan dan penyebaran bakteri penyebab jerawat. Tak hanya itu, jenis bahan itu juga mampu mengurangi minyak berlebih pada kulit sehingga kondisi kulit menjadi lebih baik.

Selanjutnya: 4 Bahan ini efektif jadi penghilang bekas jerawat, mau coba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru