4 Pengusir tikus dari bahan alami yang bisa Anda coba

Senin, 26 April 2021 | 14:48 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Pengusir tikus dari bahan alami yang bisa Anda coba

ILUSTRASI. Pengusir tikus perlu Anda gunakan supaya kebersihan dan kesehatan lingkungan rumah tetap terjaga.


RUMAH TANGGA - Tikus adalah salah satu jenis hewan pengerat yang bisa menimbulkan banyak masalah. Tapi, ada banyak pengusir tikus yang bisa Anda coba untuk membasmi hama itu dari tempat tinggal Anda.

Maklum, tidak hanya merusak barang, tikus juga dapat menyebarkan infeksi penyakit. 

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan merapikan barang-barang yang ada di rumah Anda. Peletakan barang yang berantakan dapat mempermudah tikus untuk bersaran di rumah Anda.

Selain itu, tutup semua lubang di sekitar rumah Anda supaya tikus tidak masuk ke rumah.

Jika hal-hal tersebut sudah Anda lakukan, hal selanjutnya yang perlu Anda coba adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Selain mudah didapat, bahan-bahan alami berikut cukup aman untuk digunakan.

Bawang merah

Mengutip dari Firstcry.com, aroma khas yang dimiliki bawang merah dapat mengusir tikus dari rumah. Anda hanya perlu menempatkan bawang merah di beberapa sudut rumah.

Meletakkan bahan alami itu di dekat lubang yang memungkinkan tikus masuk juga bisa dijadikan pilihan.

Baca Juga: 5 Tanaman pengusir nyamuk yang cocok diletakkan di rumah

Cengkih

Bahan alami lainnya yang bisa Anda gunakan sebagai pengusir tikus adalah cengkih. Sama seperti bawang merah, cengkih memiliki aroma yang tidak disukai tikus.

Anda perlu membungkus beberapa cengkih dengan selembar kain terlebih dahulu. Setelah itu, letakkan bungkus cengkih itu di beberapa sudut rumah.

Bubuk cabai

Tak hanya menggugah cita rasa, bubuk cabai juga dapat membasmi tikus yang menyerang tempat tinggal Anda, lo. Parenting.com merekomendasikan Anda untuk menaburkan bubuk cabai di depan pintu, jendela, atau lubang lain yang bisa digunakan tikus untuk masuk ke rumah.

Baca Juga: 4 Cara ampuh dan sederhana mengusir ular dari rumah

Bawang putih

Bawang putih bisa Anda gunakan sebagai pengusir tikus.

Bawang putih adalah bahan alami selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan sebagai pengusir tikus. Ada dua cara yang bisa Anda coba dengan memakai bawang putih.

Pertama, tempatkan beberapa siung bawang putih di sepanjang jalur yang biasa dilewati tikus. Kedua, Anda bisa mencampur bawang putih yang sudah dipotong-potong dengan air.

Semprotkan air tersebut di beberapa area rumah. Aroma yang keluar dari bawang putih akan membuat tikus jera sehingga tidak akan masuk ke rumah Anda.

Selanjutnya: 6 Bahan alami ini efektif jadi cara mengusir semut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru