5 Cara meningkatkan kecerdasan anak, orangtua bisa coba

Senin, 08 Februari 2021 | 21:30 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Cara meningkatkan kecerdasan anak, orangtua bisa coba


PARENTING - Banyak orangtua berpendapat, belajar terus menerus bisa meningkatkan kecerdasan anak. Pendapat ini tidak salah, tapi tidak sepenuhnya benar.

Faktor lain juga memengaruhi perkembangan kecerdasan buah hati. Mulai asupan makanan, aktivitas, hingga pola asuh mempengaruhi tumbuh kembang otak anak.

Agar kecerdasan anak bisa bertambah dengan baik, ada beberapa pola asuh yang harus orangtua perhatikan.

Beberapa pola asuh yang sederhana bisa berpengaruh pada kecerdasan buah hati. Pola asuh tersebut bisa membentuk kebiasaan yang berefek pada peningkatan kecerdasan anak.

Bagaimana cara meningkatkan kecerdasan anak? Merangkum dari Time dan Inc berikut cara meningkatkan kecerdasan anak yang efektif:

Baca Juga: 5 Finger food yang bisa menjadi snack sehat untuk bayi

  • Memberikan asupan Omega-3 

Omega-3 dikenal sebagai nutrisi yang baik untuk otak. Kandungan nutrisi di Omega-3 mampu meningkatkan fungsi otak dalam menangkap informasi. Omega-3 juga baik untuk kesehatan tubuh. 

Secara alami Anda bisa mendapatkan nutrisi ini dari ikan. Ikan laut seperti tuna dan tongkol banyak mengandung Omega-3. Kuning telur dan kacang-kacangan juga mengandung Omega-3.

Jika dirasa masih kurang, Anda bisa memberi suplemen Omega-3 tambahan. Ada banyak apotek yang menyediakan suplemen ini. 

  • Menjaga pola tidur

Kekurangan tidur bisa menyebabkan kecerdasan buah hati terhambat. Saat tubuh kekurangan istirahat, kerja otak juga tidak maksimal. 

Saat kekurangan waktu istirahat, otak terlalu lelah untuk menangkap informasi. Daya konsentrasi anak juga menurun sehingga mereka cepat bosan saat belajar.

Pola tidur yang tidak benar juga berbepngaruh pada emosi buah hati. Anak menjadi mudah marah hingga cepat rewel.

Pastikan buah hati mendapatkan cukup tidur tiap harinya. Rata-rata anak-anak memerlukan setidaknya 8 jam tidur per harinya.

Baca Juga: Tips agar bayi terlahir cerdas, lakukan 5 Kebiasaan ini

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru