7 Manfaat lain garam dapur, bukan hanya sebagai penyedap masakan

Jumat, 08 Januari 2021 | 07:33 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
7 Manfaat lain garam dapur, bukan hanya sebagai penyedap masakan

ILUSTRASI. 7 Manfaat lain garam dapur, bukan hanya sebagai penyedap masakan. 14/03/2018. REUTERS/Beawiharta


RUMAH TANGGA - JAKARTA. Keberadaan garam dapur sudah sangat esensial di kehidupan manusia. Melazatkan makanan merupakanfFungsi garam pada makanan yang utama. Tapi garam dapur masih memiliki segudang manfaat selain untuk melezatkan makanan.

Kandungan garam dapur yang banyak bisa bermanfaat untuk banyak hal. Salah satunya membersihkan peralatan rumah.

Perabotan rumah terutama dapur sering memiliki noda membandel. Garam dapur bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda-noda tersebut. Dengan cara yang pas, garam dapur bisa menjadi pembersih noda yang ampuh.  

Apa saja perabotan yang bisa dibersihkan dengan garam dapur? Berikut beberapa manfaat garam dapur sebagai pembersih noda yang dirangkum KONTAN.co.id dari DIY Network.

  • Membersihkan noda kopi

Semakin sering dipakai untuk menyajikan kopi atau teh, akan semakin tebal noda jenis minuman tersebut di dalam cangkir. Noda kopi yang sudah terlanjur membekas lama di cangkir sering kali susah untuk dihilangkan.

Kadang sudah dicuci berulang kali pun noda kopi tetap membandel. Untuk membersihkan noda teh dan kopi, Anda bisa menggunakan pasta garam.

Pasta garam bisa dibut sendiri dengan mencapur garam dapur dan sabun cuci piring cair. Gunakan kain bekas untuk meratakan pasta garam ke noda kopi di cangkir. Gosok-gosok perlahan hingga noda menghilang. Jika sudah bersih, bilas dengan air mengalir. 

  • Sumbatan di saluran air

Baca Juga: 6 Jus buah dan sayur yang efektif menurunkan tekanan darah tinggi

Sisa-sisa sabun hingga rambut rontok jika tidak segera dibersihkan bisa menyumbat saluran air. Untuk membersihkannya, Anda bisa memanfaatkan garam dapur. 

Untuk membersihkannya, campurkan garam dapur, cuka dapur, dan baking soda. Setelah tercampur, tuangkan larutan garam ke saluran air sedikit demi sedikit.

Diamkan saluran air selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu siram saluran tersebut dengan air panas.

  • Noda telur yang pecah

Telur yang pecah di lantai kadang susah untuk dibersihkan. Jika sudah bersih pun, bau amis masih menempel di lantai.

Salah satu manfaat garam dapur adalah membersihkan sisa telur dan menghilangkan bau amis. Taburkan garam dapur ke atas telur yang pecah hingga tertutup, lalu diamkan beberapa saat.

Garam dapur akan menyerap telur sehingga Anda lebih mudah membersihkannya. Bau amis dari telur juga akan hilang jika dibersihkan menggunakan garam dapur.

  • Noda di kompor

Noda di kompor, terlebih yang sudah mengeras akan sulit dibersihkan. Segera taburi garam dapur pada percikan noda saat Anda memasak.

Garam akan membuat noda tersebut tetap soft sehingga mudah untuk dibersihkan. Jika sudah dingin, lap garam dan noda dengan kain.

  • Perabotan kebun

Baca Juga: Ini manfaat bawang merah untuk kesehatan tubuh Anda

Jika Anda gemar berkebun, merawat peralatan kebun tentunya menjadi hal yang wajib dilakukan. Gunakan campuran garam dan cuka untuk membersihkan karat di sekop atau cangkul Anda.

Usap campuran tersebut pada karat lalu diamkan semalaman. Paginya, gosok perlahan peralatan tersebut dan bilas.

Setelah dibilas, rendam peralatan kebun dalam campuran air dengan baking soda selama 5 menit. Setelah 5 menit, lap perabotan kebun Anda hingga kering.

  • Talenan kayu

Talenan kayu rentan berbau tidak sedap jika sering digunakan. Taburkan garam secukupnya di atas permukaan talenan yang sering digunakan.

Usap lembut garam dengan potongan lemon sambil diremas perlahan agar keluar airnya. Setelah digosok merata, diamkan selama kurang lebih 5 menit lalu bilas dengan air bersih. Garam dapur bermanfaat membuat Talenan kayu Anda akan lebih wangi dan bersih.

  • Lemak pada panci dan wajan

Manfaat garam dapur selanjutnya adalah melunturkan lemak pada panci dan wajan. Taburkan garam ke permukaan wajan yang berlemak dan diamkan selama 5 menit.

Setelah 5 menit usap garam hingga bersih. Panci dan wajan Anda akan lebih mudah dicuci setelah lemak hilang oleh garam.

Selanjutnya: Ini cara mencegah dan mengobati pilek secara alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru