Biar cepat kerja, bekali diri dengan 7 skill yang dibutuhkan di dunia kerja ini

Kamis, 29 April 2021 | 15:58 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Biar cepat kerja, bekali diri dengan 7 skill yang dibutuhkan di dunia kerja ini

ILUSTRASI. Biar cepat kerja, bekali diri dengan 7 skill yang dibutuhkan di dunia kerja ini./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/12/11/2020.


MENCARI KERJA -  Jika ingin cepat bekerja, membekali diri dengan soft skill dan hard skill yang bisa membuat pihak HRD tertarik dengan Anda. 

Soft skill merupakan kemampuan yang berkaitan dengan hal-hal seperti cara berkomunikasi dan bersikap. Sedangkan hard skill berkaitan dengan kemampuan pada bidang pekerjaan tertentu. 

Agar mudah mendapatkan pekerjaan, sebaiknya mulai mengasah berbagai skill yang dibutuhkan di dunia kerja.

Simak beragam skill yang harus dimiliki calon pekerja agar cepat dapat kerja di bawah ini, yang dihimpun dari Indeed.com dan Glassdoor.

  • Manajemen waktu

Di dunia kerja, pekerja dituntut untuk bisa menyelesaikan beberapa tugas di saat yang bersamaan. Tidak heran, pekerja perlu memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik.

Sayangnya, tidak banyak orang yang bisa melakukan manajemen waktu dengan baik. Kemampuan manajemen waktu membutuhkan latihan karena fokus kita perlu terbiasa membagi waktu dengan baik.

Pada awalnya mungkin Anda akan menghadapi kesulitan untuk membagi waktu ke beberapa pekerjaan. Namun demikian, jika Anda sudah ahli dalam kemampuan ini, pekerjaan bisa selesai lebih cepat dan lebih efisien.  

Baca Juga: Peluang terbuka lebar, simak daftar profesi yang dibutuhkan tahun 2021

  • Microsoft Office

Mungkin Anda heran kenapa skill ini masuk dalam daftar keahlian yang harus dimiliki calon pekerja. 

Nyatanya, banyak pelamar yang buta dalam mengoperasikan Microsoft Office terutama Excel dan PowerPoint (PPT). Dua program ini akan banyak digunakan selama Anda bekerja.

Tidak jarang karyawan gagap saat menggunakan rumus Excel seperti VLOOKUP atau HLOOKUP.  Padahal, dua rumus ini penting dipahami agar laporan Anda bisa dikerjakan dengan benar dan cepat. 

Untuk PPT, sering kali karyawan membuat PPT ala kadarnya tanpa ada animasi atau grafik yang menarik. Tentu, hal ini membuat audiens akan merasa bosan jika PPT Anda tidak menarik. 

Dua program ini cukup mudah dipelajari secara mandiri. Ada banyak video di YouTube yang bisa membantu Anda belajar Excel dan PPT. 

  • Kemampuan bernegosiasi

Bernegosiasi mungkin erat kaitannya dengan profesi marketing atau sales. Namun, skill ini akan sangat dibutuhkan di profesi apapun di dunia kerja. 

Kemampuan negosiasi yang baik bisa membantu kehidupan kantor Anda lebih baik. 

Bahkan saat proses rekrutmen pun, skill ini bisa membantu Anda "merayu" HRD agar Anda mendapatkan opsi dan gaji yang diinginkan. 

Kemampuan ini membutuhkan skill berbicara, mendengarkan, dan inovasi yang baik. 

Baca Juga: Terbaru! Bank BTN buka lowongan kerja 2021, berbuka untuk lulusan minimal D3

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru