Cara bepergian yang aman di tengah pandemi Covid-19

Jumat, 30 April 2021 | 19:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara bepergian yang aman di tengah pandemi Covid-19


KESEHATAN - JAKARTA. Ada banyak kegiatan yang mengalami perubahan setelah pandemi Virus Corona. Salah satunya adalah saat Anda ingin melakukan perjalanan ke tempat lain. Tak hanya menerapkan protokol kesehatan, ada hal lain yang perlu Anda lakukan supaya tubuh tetap terhindar dari Covid-19.

Jika Anda sudah mendapat suntikan vaksin Covid-19, Anda tetap perlu menunggu waktu minimal 14 hari sebelum melakukan perjalanan. Tujuannya supaya tubuh Anda memiliki sistem imun yang lebih siap melawan berbagai macam risiko infeksi.

Selain itu, masih banyak hal yang perlu Anda lakukan. Mulai dari melakukan tes, melakukan karantina mandiri, dan tidak lupa menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Tanpa melakukan semua hal itu, perjalanan Anda akan sangat berisiko.

Lakukan Tes Covid-19

Mengutip dari Everlywell (everlywell.com), Anda perlu melakukan tes Covid-19 satu hingga tiga hari sebelum melakukan perjalanan. Tidak hanya berfungsi untuk memenuhi persyaratan perjalanan yang diberlakukan pemerintah, hal itu juga berguna untuk mengetahui kondisi Anda.

Perlu diingat bahwa mendapat hasil negatif pada tes Covid-19 tidak menjamin Anda kebal dari infeksi virus tersebut. Anda tetap harus waspada dan melakukan hal-hal lainnya supaya tubuh tidak terinfeksi dan tetap sehat.

Baca Juga: Awas, 5 tempat ini bisa jadi sumber penularan Covid-19

Bawa Perlindungan Ekstra

Selain membawa baju dan perlengkapan lain yang Anda butuhkan selama perjalanan, jangan lupa untuk membawa perlindungan ekstra. Bawalah masker lebih dari yang Anda butuhkan untuk berjaga-jaga. Selain itu, jangan lupa pula untuk membawa sarung tangan, face shield, hand sanitizer, dan perlindungan yang lain.

Jaga Kebersihan

Apa pun moda transportasi yang Anda pilih, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan. Gunakan lap disinfektan untuk membersihkan permukaan-permukaan benda yang sering Anda pegang. Misalnya, sabuk pengaman, sandaran tangan, sandaran kursi, dan lain-lain. Hal yang sama juga harus Anda lakukan saat sampai di penginapan.

Baca Juga: Menhub sebut GeNose sudah diterapkan di 21 bandara ini

Lakukan Karantina Mandiri

Setelah melakukan perjalanan, Everlywell mengingatkan Anda untuk melakukan karantina mandiri minimal selama tujuh hari. Jangan lupa untuk kembali melakukan tes Covid-19 lima hari setelah bepergian. Dengan begitu, kesehatan tubuh secara keseluruhan bisa tetap terjaga.

Selanjutnya: Sebelum larangan mudik Lebaran 2021, ini syarat perjalanan untuk kendaraan pribadi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru