Cara menurunkan darah tinggi secara alami, coba minum 10 minuman ini

Senin, 03 Mei 2021 | 10:55 WIB Sumber: Kompas.com
Cara menurunkan darah tinggi secara alami, coba minum 10 minuman ini


KESEHATAN - Jakarta. Selain dengan konsumsi obat secara rutin, pasien hipertensi juga bisa menurunkan darah tinggi dengan konsumsi sejumlah minuman. Setidaknya ada 10 jenis minuman yang bisa menjadi penurun darah tinggi.

Minuman penurun darah tinggi penting dikenali sebagai bagian dari cara mengontrol hipertensi. Karena jika sudah hipertensi, pengobatannya harus minum obat seumur hidup.

Seperti diketahui, tekanan darah tinggi adalah kondisi yang tak boleh dibiarkan begitu saja. Tekanan darah yang tidak terkendali dapat menyebabkan komplikasi seperti penyakit jantung dan stroke.

Orang dewasa dapat didiagnosis menderita hipertensi atau darah tinggi jika memiliki tekanan darah 140/90 mmHg. Angka 140 menunjukkan tingkat tekanan saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh atau biasa disebut sebagai tekanan sistolik. Sedangkan angka 90 berarti tekanan saat jantung beristirahat sejenak sebelum kembali memompa atau kerap disebut sebagai tekanan diastolik.

Salah satu garis pertahanan pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah tekanan darah tinggi adalah diet atau mengatur pola makan. Menerapkan diet ramah tekanan darah dapat membantu menjaga tekanan darah dalam kisaran yang sehat tanpa efek samping seperti yang dapat disebabkan oleh obat-obatan.

Baca juga: Tidak bisa disembuhkan, kenali penyebab dan gejala gagal ginjal

Selain makanan tertentu yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, beberapa jenis minuman juga dapat berfungsi sebagai penurun darah tinggi. Berikut ini adalah beragam minuman penurun darah tinggi yang dapat dipertimbangkan:

1. Jus tomat

Minuman penurun darah tinggi yang pertama adalah jus tomat. Melansir Health Line, bukti yang berkembang menunjukkan bahwa minum satu gelas jus tomat per hari dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Dalam studi yang diterbitkan Jurnal Food Science & Nutrition pada 2019, peneliti dari Tokyo Medical and Dental University, Jepang dan Tucson Plant Breeding Institute mengevaluasi efek minum rata-rata satu cangkir jus tomat per hari di antara partisipan dengan faktor risiko penyakit jantung. Para peneliti menyimpulkan bahwa jus tomat bisa menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik, termasuk kolesterol jahat atau kolesterol low-density lipoprotein (LDL).

Studi lainnya telah melaporkan hasil serupa di antara orang dengan hipertensi stadium 1 dan wanita hamil. Untuk menghindari natrium yang tidak perlu, yang dapat berdampak sebaliknya pada tekanan darah, pastikan untuk membeli jus tomat tawar.

2. Jus buah prune

Minuman penurun darah tinggi yang kedua adalah jus buah prune. Buah prune adalah buah plum yang dikeringan. Jus buah prune selama ini mungkin telah dikenal dapat membantu meringankan sembelit. Menariknya, jus buah prune juga diyakini dapat menjadi minuman untuk menurunkan darah tinggi.

Efek ini salah satunya dilaporkan dalam sebuah studi yang diterbitkan Journal of Ayub Medical College Abbottabad pada 2010. Peneliti membandingkan tiga kelompok partisipan: satu kelompok makan tiga buah prune per hari, kelompok kedua makan enam buah prune per hari, dan kelompok ketiga tidak makan buah prune sama sekali.

Para peneliti melaporkan penurunan tekanan darah yang signifikan di antara partisipan yang makan satu dosis tiga buah prune per hari. Sementara kelompok partisipan yang makan enam buah prune per hari mengalami penurunan tekanan darah sistolik tambahan.

Selain dapat menurunkan tekanan darah tinggi, konsumsi tiga dan enam buah prune ditemukan juga dapat menurunkan kolesterol jahat. Untuk mendapatkan manfaat ini, minumlah segelas jus buah prune 100 persen atau buat sendiri dengan mencampurkan buah prune.

Simak daftar minuman penurun darah tinggi di halaman berikutnya

Editor: Adi Wikanto

Terbaru