Cara menyembuhkan batuk dengan obat dari bahan-bahan alami

Selasa, 13 April 2021 | 18:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara menyembuhkan batuk dengan obat dari bahan-bahan alami


KESEHATAN - JAKARTA. Banyak obat batuk di apotek. Selain obat-obatan, kita bisa memanfaatkan bahan alami untuk menyembuhkan batuk.

Batuk adalah reaksi alami tubuh saat ada benda asing yang membuat saluran pernapasan iritasi. Kondisi itu dapat mengganggu kegiatan yang sedang Anda jalani, bahkan bisa mengganggu kesehatan secara keseluruhan. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa obat batuk yang bisa Anda coba.

Alih-alih menggunakan obat yang dijual di apotek, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar Anda. Nutrisi yang terkandung dalam bahan alami tak hanya mampu mengatasi batuk, tapi meningkatkan kesehatan tubuh.

Meski demikian, Anda tetap perlu memantau kondisi Anda. Jika batuk yang Anda alami semakin parah, segera periksakan diri ke dokter. Selain mengonsumsi beberapa jenis makanan ini, jangan lupa untuk minum banyak air putih supaya tubuh tak dehidrasi, ya.

Jahe

Top 10 Home Remedies (top10homeremedies.com) mengatakan bahwa jahe bisa digunakan untuk mengatasi batuk. Cara yang perlu Anda lakuan pun mudah. Cukup kunyah jahe mentah beberapa kali dalam sehari sampai batuk reda.

Baca Juga: 4 Rekomendasi obat batuk kering dari bahan-bahan alami

Bawang Putih

Bawang putih termasuk obat batuk alami yang bisa Anda coba. Caranya, rebus dua hingga tiga siung bawang putih dalam segelas air. Jangan lupa tambahkan 1 sdt oregano, ya. Setelah mendidih, diamkan beberapa saat dan tambahkan sedikit madu sebelum Anda meminumnya.

Tidak hanya mengobati batuk, air rebusan bawang putih juga mampu mengatasi saluran pernapasan yang tersumbat. Selain mengonsumsi bawang putih dengan cara tersebut, Anda juga bisa mengonsumsi satu siung bawang putih yang sudah ditumbuk dan dicampur dengan minyak bawang putih untuk meredakan sakit tenggorokan.

Baca Juga: Teh jahe campur lemon efektif meredakan batuk

Wortel

Wortel bisa Anda manfaatkan sebagai obat batuk.

Tahukah Anda bahwa wortel bisa menyembuhkan batuk? Mengutip dari Top 10 Home Remedies, Anda hanya perlu mengonsumsi jus wortel tiga hingga empat kali sehari sampai batuk berkurang. Anda bisa menambahkan sedikit madu pada jus wortel supaya rasanya lebih lezat.

Kunyit

Kunyit jadi bahan alami berikutnya yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat batuk, apalagi batuk kering. Anda perlu merebus 1 sdt bubuk kunyit, 1 sdt lada hitam, dan kayu manis dalam setengah gelas air selama dua hingga tiga menit. Setelah mendidih, diamkan dan beri 1 sdm madu dan minum air rebusan itu sampai batuk hilang.

Selanjutnya: 7 Manfaat asam jawa untuk kesehatan: mengobati batuk sampai rematik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru