Kasus Covid-19 naik 11.278, makan 7 buah ini agar daya tahan tubuh meningkat

Kamis, 14 Januari 2021 | 05:10 WIB Sumber: Kompas.com
Kasus Covid-19 naik 11.278, makan 7 buah ini agar daya tahan tubuh meningkat


-

Jakarta. Kasus harian Covid-19 mencapai rekor dengan bertambah 11.278 pada Rabu (13/1). Upaya meningkatkan daya tahan tubuh harus terus dilakukan untuk menjaga imunitas agar tidak tertular virus corona. Sejumlah buah-buahan bisa meningkatkan daya tahan tubuh guna membantu sistem imunitas untuk melawan penyakit dan virus corona.

Melansir laman Covid19.go.id, hingga Rabu (13/1) ada tambahan 11.278 kasus baru yang terinfeksi corona di Indonesia dan merupakan penambahan terbanyak. Sehingga total menjadi 858.043 kasus positif corona. Sementara itu, jumlah yang sembuh dari kasus corona bertambah 7.657 orang sehingga menjadi sebanyak 703.464 orang.

Sedangkan jumlah orang yang meninggal akibat virus corona di Indonesia bertambah 306 orang, merupakan rekor tertinggi selama ini. Sehingga total kasus meninggal menjadi sebanyak 24.951 orang.

Sistem daya tahan tubuh akan bekerja melindungi badan dari serangan organisme atau kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Oleh sebab itu, sistem daya tahan tubuh penting untuk terus dijaga agar kita bisa terhindar dari kemungkinan terjangkit atau tertular penyakit.

Salah satu cara yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tetap kuat adalah dengan mengonsumsi buah-buahan tertentu. Berikut ini adalah beragam buah yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh:

1. Cara meningkatkan daya tahan tubuh dengan buah Jeruk

Banyak orang selama ini langsung mencari sumber vitamin C ketika terserang flu. Hal itu dikarenakan, vitamin C memang dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh.

Melansir Health Line, vitamin C diduga dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang merupakan kunci untuk melawan infeksi. Sementara, hampir semua buah-buahan jeruk, seperti buah jeruk biasa, jeruk bali, jeruk keprok, lemon, dan jeruk nipis kaya akan vitamin C.

Misalnya, satu buah jeruk biasa berukuran sedang bisa menyediakan 70 mg vitamin C yang merupakan sekitar 78 persen dari jumlah kebutuhan vitamin C harian orang dewasa, yakni 75 mg untuk wanita da 90 mg untuk pria. Sementara, setengah jeruk bali dapat mengandung 44 mg atau 73 persen dari jumlah kebutuhan vitamin C harian, dan sari satu buah jeruk nipis bisa menyediakan 13 mg vitamin C atau 22 persen dari jumlah kebutuhan vitamin C harian.

Karena tubuh tidak dapat memproduksi atau menyimpan vitamin C, seseorang memerlukan asupan vitamin C dari makanan setiap hari untuk kesehatan yang berkelanjutan. Jika Anda memilih suplemen, hindari mengonsumsi lebih dari 2.000 miligram (mg) sehari.

Baca juga: Katalog promo Tupperware Januari 2021, ada diskon 40% & warna baru

Editor: Adi Wikanto

Terbaru