Kiat BPOM, cara memilih obat tradisional yang tepat agar tidak tertipu produk ilegal

Kamis, 08 April 2021 | 19:15 WIB Sumber: Kompas.com
Kiat BPOM, cara memilih obat tradisional yang tepat agar tidak tertipu produk ilegal


- Jakarta. Waspada sebelum menggunakam obat tradisional. Kenali cara memilih produk obat tradisional agar tidak tertipu produk barang ilegal.

Ada banyak obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Namun pengguna obat tradisional harus hati-hati, karena ada produk ilegal yang bisa membahayakan kesehatan. Simak cara memilih obat tradisional yang aman menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Banyak orang memilih obat tradisional dengan berbagai pertimbangan. Meski terbuat dari bahan alami, namun Anda tetap harus berhati-hati dalam memilih obat tradisional agar terhindari dari efek samping yang mungkin timbul.

Obat tradisional terbuat dari ramuan dari bahan tumbuhan, satwa, bahan mineral, atau sediaan sarian (galenik). Beberapa obat tradisional juga merupakan campuran dari beberapa bahan di atas.

Di Indonesia sendiri, bertebaran obat dan suplemen yang berdasar ramuan tradisional. Beberapa sudah memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM, beberapa lagi belum memiliki.

Baca juga: Awas bahaya peningkatan kolesterol, ini cara menurunkan kolesterol jahat tanpa obat

Nah demi keamanan, pilihlah berbagai obat dan suplemen yang memiliki izin edar resmi sehingga sudah terjamin keamanannya. Sebagai acuan untuk masyarakat, BPOM mengeluarkan panduan bagaimana cara memilih obat tradisional yang tepat.

1. Cek kemasan obat tradisional

Sebelum membeli, cek dulu kemasan obat tradisional yang ada. Obat tradisional yang layak dibeli dan dikonsumsi harus memenuhi persyaratan ini:

  • Kemasan obat tradisionaldalam keadaan baik atau bersih.
  • Kemasan obat tradisional tidak bocor.
  • Kemasan obat tradisional tidak menggelembung atau penyok
  • Kemasan obat tradisional tidak bergambar organ tubuh atau foto-foto vulgar.

Editor: Adi Wikanto

Terbaru