Selain obat, konsumsi buah-buahan bisa menurunkan darah tinggi

Selasa, 16 Maret 2021 | 11:10 WIB Sumber: Kompas.com
Selain obat, konsumsi buah-buahan bisa menurunkan darah tinggi


KESEHATAN - Jakarta. Ada banyak obat darah tinggi yang bisa dibeli di apotik. Selain obat, banyak buah-buahan juga bisa menurunkan darah tinggi secara alami. Meski demikian, konsumsi buah-buahan untuk menurunkan darah tinggi juga harus dibatasi karena bisa menimbulkan efek samping bagi orang tertentu.

Rajin makan buah dan sayur dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Penderita tekanan darah tinggi perlu menjalankan pola makan sehat yang kaya serat, banyak mengandung potasium dan magnesium, dan minim natrium.

Bagi Anda yang ingin mengendalikan hipertensi dengan buah, berikut rekomendasi buah untuk menurunkan darah tinggi:

1. Stroberi dan blueberry

Dilansir dari Medical News Today, buah beri seperti stroberi dan blueberry dapat membantu menurunkan darah tinggi secara alami. Studi menunjukkan, stroberi dan blueberry mengandung senyawa antioksidan jenis antosianin yang dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

2. Kiwi

Buah kiwi, makanan bantu buat tidur nyenyak. Menurut sebuah penelitian, kiwi juga termasuk buah untuk menurunkan darah tinggi secara alami.

Penderita tekanan darah tinggi yang makan tiga buah kiwi setiap hari selama delapan minggu memiliki tekanan darah yang lebih terkontrol. Menurut ahli, kiwi banyak mengandung vitamin C yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan.

3. Tomat

Tomat banyak mengandung potasium dan likopen yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain mengontrol tekanan darah, tomat juga baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Baca juga: Minum jus kubis secara rutin bermanfaat menurunkan kolesterol tinggi

Simak daftar buah yang menurunkan darah tinggi secara alami di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto

Terbaru