10 Cara Mengusir Tikus Bandel Dari Kamar & Rumah, Cek Tips Mencegah Tikus Datang Lagi

Senin, 08 Agustus 2022 | 09:33 WIB Sumber: Kompas.com
10 Cara Mengusir Tikus Bandel Dari Kamar & Rumah, Cek Tips Mencegah Tikus Datang Lagi

ILUSTRASI. 10 Cara Mengusir Tikus Bandel Dari Kamar & Rumah, Cek Tips Mencegah Tikus Datang Lagi


TIPS DAN CARA - Jakarta. Simak cara mengusir tikus bandel dari kamar atau dari rumah secara alami, tanpa menggunakan racun. Penggunaan racun untuk mengusir tikus dari kamar atau rumah bisa menimbulkan masalah baru, yakni bangkai tikus di sembarang tempat.

Tak hanya mengetahui cara mengusir tikus dari kamar dan rumah. Anda juga perlu mengetahui cara mencegah tikus datang lagi ke kamar dan rumah.

Cara mengusir tikus bandel dari rumah bukanlah perkara mudah. Pasalnya, tikus adalah hewan pengerat yang memiliki kemampuan berlari pesat, bahkan bisa memanjat.

Cara instan mengusir tikus di rumah adalah dengan menggunakan racun. Meski begitu, langkah ini tak direkomendasikan terutama bagi rumah dengan anak-anak dan hewan peliharaan.

Lantas, bagaimana cara mengusir tikus yang bandel tanpa menggunakan racun?

Baca Juga: Berstatus Darurat Global, Ini 5 Fakta Menyeramkan Cacar Monyet

Cara mengusir tikus di rumah

Kehadiran tikus di rumah bisa menjadi media penyebaran berbagai macam penyakit, salah satunya pes. Penyakit ini pernah menjadi wabah yang membunuh jutaan orang selama abad pertengahan.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), penyebab pes adalah bakteri Yersinia pestis. Biasanya, manusia tertular pes setelah mendapat gigitan tikus yang sudah terinfeksi penyakit ini.

Oleh karena itu, untuk mencegah penyebaran penyakit akibat hewan pengerat ini, berikut cara mengusir tikus bandel di kamar dan rumah secara alami tanpa menggunakan racun:

1. Memelihara kucing

Cara pertama mengusir tikus bandel dari kamar dan rumah adalah memelihara kucing. Dikutip dari Healthline, memelihara kucing adalah cara termudah untuk membasmi tikus di rumah.

Namun, jika tak memungkinkan, bisa juga dengan menyebarkan kotoran kucing di area yang paling sering dikunjungi tikus. Cara ini akan mencegah tikus berkeliaran di rumah. Namun, pastikan untuk menjauhkan kotoran kucing dari anak-anak.

2. Minyak esensial

Cara kedua mengusir tikus bandel dari kamar dan rumah adalah menggunakan minyak esensial. Minyak esensial seperti minyak peppermint dan minyak cengkeh mampu mengusir keberadaan tikus di rumah. Caranya, basahi bola kapas dengan minyak esensial dan letakkan di area yang menarik perhatian tikus, seperti laci, lemari, dan pintu masuk rumah.

3. Pasang perangkap

Cara ketiga mengusir tikus bandel dari kamar dan rumah adalah dengan memasang perangkap tanpa menggunakan racun. Tempatkan perangkap di area rumah yang paling sering dikunjungi tikus.

Biasanya, tikus akan keluar mencari makan di malam hari. Oleh karena itu, periksalah perangkap setiap pagi. Setelah tikus terjebak dan masuk ke dalam perangkap, Anda bisa melepaskannya di lingkungan yang jauh dari rumah.

4. Gunakan larutan atau bubuk cabai

Cara keempat mengusir tikus bandel dari kamar dan rumah adalah menggunakan larutan atau bubuk cabai. Mengusir tikus dengan cara meracuninya, bukan pilihan yang tepat. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan racun alami seperti larutan atau bubuk cabai.

Semprotkan larutan cabai atau taburkan bubuk cabai di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan, tetapi menjadi area favorit tikus. Misalnya, dengan menargetkan area di bawah kompor atau di belakang lemari.

5. Pakai bubuk kopi

Cara kelima mengusir tikus bandel dari kamar dan rumah adalah menggunakan bubuk kopi. Bubuk kopi bukan hanya ampuh untuk menghilangkan rasa kantuk, tetapi juga sebagai salah satu cara mengusir tikus.

Dilansir dari Kompas.com, bubuk kopi bisa membuat hidung tikus iritasi. Hal ini lantaran bau tajamnya bisa membuat tikus tak nyaman dan akhirnya pergi dari area beraroma kopi.

6. Manfaatkan kantong teh bekas

Cara keenam mengusir tikus bandel dari kamar dan rumah adalah menggunakan kantong teh bekas. Kantong teh bekas bisa digunakan untuk mengusir tikus membandel yang berkeliaran di dalam rumah.

Sama seperti bubuk kopi, teh bisa mencederai hidung tikus, dan membuatnya secara suka rela pergi dari area dengan aroma teh pekat.

7. Taburkan lada hitam

Cara ketujuh mengusir tikus bandel dari kamar dan rumah adalah menaburkan lada hitam. Lada hitam adalah bumbu dapur dengan kandungan bahan kimia piperin yang beracun bagi tikus.

Jadi, selain mengganggu dan menimbulkan ketidaknyamanan pada saluran pernapasan tikus, lada hitam juga menjadi racun yang mampu menyakiti tikus.

8. Gunakan merica

Cara kedelapan mengusir tikus bandel dari kamar dan rumah adalah menggunakan merica. Penggunaan merica sebagai salah satu cara mengusir tikus, cukup mudah.

Anda hanya perlu menaburkan bumbu dapur ini di setiap sudut rumah yang tikus lewati. Serupa dengan bahan alami lain, merica juga membuat hidung tikus tidak nyaman, sehingga perlahan pergi dari area yang penuh dengan taburan bumbu dapur ini.

9. Cangkang telur

Cara kesembilan mengusir tikus bandel dari kamar dan rumah adalah menggunakan cangkang telur. Bukan hanya mengusir tikus, cangkang telur juga bisa membasmi semut dan kecoa di rumah.

Cara memanfaatkan cangkang telur untuk menyingkirkan tikus bukan dengan meletakannya begitu saja. Melainkan, Anda perlu menumbuk atau menghaluskannya terlebih dahulu, dan menaburkan bubuk cangkang telur ke tempat favorit tikus.

10. Taburkan soda kue

Cara ke-10 mengusir tikus bandel dari kamar dan rumah adalah menggunakan soda kue. Soda kue tergolong berbahaya bagi tikus karena bisa memunculkan gas lambung.

Gas tersebut berakibat pada perut tikus yang menjadi kembung dan sulit buang angin. Adapun cara mengusir tikus dengan soda kue, cukup menaburkannya di area yang sering dilewati tikus di rumah.

Cara mencegah tikus datang lagi

Setelah mengetahui cara mengusir tikus bandel dari kamar dan rumah, Anda juga perlu tahu cara mencegah tikus datang lagi.

Berikut cara mencegah tikus datang lagi ke dalam kamar atau rumah

1. Hilangkan sumber makanan tikus

Cara pertama mencegah tikus bandel datang lagi ke kamar dan rumah adalah menghilangkan sumber makanan tikus. Dilansir dari Gramedia, salah satu cara ampuh mengusir tikus dari rumah adalah menghilangkan sumber makanannya.

Caranya, dengan memastikan telah menyimpan makanan kering dalam wadah yang tertutup rapat. Pastikan juga makanan sisa tidak tertinggal begitu saja di meja makan.

Anda bisa memasukkan sisa makanan tersebut ke dalam kulkas atau rak penyimpanan makanan. Terakhir, bersihkan meja dari remahan makanan, sehingga tikus tidak tertarik untuk berkunjung dan mengambil sisa makanan yang ada.

2. Rapikan tumpukan barang

Cara kedua mencegah tikus bandel datang lagi ke kamar dan rumah adalah merapikan tumpukan barang. Barang yang menumpuk bisa menjadi sarang tikus di rumah. Oleh karena itu, usahakan untuk menghindari penumpukan barang terlalu banyak.

Jika terpaksa menumpuk barang, usahakan tidak meletakkannya terlalu menempel ke dinding. Sehingga, Anda bisa melihat apakah ada yang bersembunyi di antara tumpukan barang atau adakah barang yang terkena gigitan tikus. Semakin sedikit tumpukan barang, akan semakin sedikit pula tempat bersembunyi para tikus.

13. Tutup tempat sampah

Cara ketiga mencegah tikus bandel datang lagi ke kamar dan rumah adalah menutup tempat sampah. Layaknya serangga dan hama lain, tikus sangat tertarik dengan tempat sampah.

Oleh sebab itu, pastikan tempat sampah tertutup rapat hingga tidak ada cela bagi tikus untuk menjangkaunya. Pastikan juga untuk selalu membersihkan rumah secara teratur, karena hewan pengerat ini tak betah tinggal di lingkungan bersih.

Itulah berbagai cara mengusir dan mencegah tikus bandel di rumah atau kamar. Selamat mencoba!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "13 Cara Ampuh Mengusir Tikus di Rumah Tanpa Racun",


Penulis : Diva Lufiana Putri
Editor : Sari Hardiyanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru