10 Cara Mengusir Tikus yang Membandel di Rumah

Senin, 23 Januari 2023 | 15:23 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
10 Cara Mengusir Tikus yang Membandel di Rumah

ILUSTRASI. Cara Mengusir Tikus yang Membandel di Rumah.


KONTAN.CO.ID - Cara mengusir tikus yang membandel di rumah sering ditanyakan oleh masyarakat. Sebab, tikus adalah hewan pengerat yang suka merusak dan mengotori rumah. 

Tidak jarang, tikus juga meninggalkan bau tidak sedap jika kencing di beberapa perabotan rumah. Tikus juga bisa membawa bibit penyakit ke dalam rumah karena habitatnya tinggal di tempat kotor. 

Ada beberapa cara mengusir tikus di rumah seperti menggunakan racun tikus, jebakan tikus, dan lem tikus.

Selain itu, memelihara kucing juga menjadi salah satu cara mengusir tikus yang membandel di rumah. Lantas, adakah cara lain untuk mengusir tikus yang membandel di rumah? 

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Masker Chamomile untuk Kulit Wajah, Bikin Kulit Tenang!

10 Cara mengusir tikus membandel di rumah

Cara Mengusir Tikus yang Membandel di Rumah

Dirangkum dari Countryliving.com, berikut 10 cara mengusir tikus membandel di rumah:  

1. Tutup semua celah atau lubang di rumah

Cara mengusir tikus membandel di rumah yang pertama adalah tutupi lubang dan celah di dalam rumah dengan pelat logam atau semen. Sebab, tikus dapat masuk ke rumah melalui celah dan lubang. 

Tikus juga dapat masuk ke dalam rumah melalui saluran yang rusak. Jadi penting untuk memastikannya dirawat dengan baik dan diperiksa secara teratur.

Baca Juga: Selain Kelinci Air, Ini Daftar 12 Shio dalam Kalender China dan Artinya

2. Rapikan dan bersihkan

Kemudian, cara mengusir tikus yang membandel di rumah adalah rapikan dan bersihkan rumah. Jaga seminimal mungkin barang yang berantakan dan jauhkan benda dari dinding untuk memastikan Anda dapat memeriksa apa yang bersembunyi di baliknya. 

Semakin bersih dan rapi rumah Anda maka akan semakin lebih sedikit tempat untuk bersembunyi. Pastikan sampah disimpan di tempat sampah tertutup, dan bersihkan pipa serta saluran pembuangan secara teratur jika memungkinkan.

3. Putus akses ke makanan dan air

Cara mengusir tikus di rumah yakni sebisa mungkin memutus akses mereka terhadap sumber makanan dan air. Hal ini dapat dilakukan dengan menyimpan makanan kering dalam wadah tertutup rapat. 

Selain itu, pastikan makanan sisa tidak ditinggalkan di meja dan masukkan ke dalam lemari. Bersihkan tumpahan makanan di meja dan lantai untuk menghindari tikus datang ke dalam rumah. 

Baca Juga: Mencegah Diabetes Tipe 2, Ini Manfaat Kulit Lemon untuk Kesehatan

Cara Mengusir Tikus yang Membandel di Rumah

4. Usir tikus dengan kapur barus 

Cara mengusir tikus yang membandel di rumah selanjutnya adalah menggunakan kapur barus. Kapur barus bukanlah obat yang sepenuhnya alami. 

Tapi, menggunakan kapur barus untuk mengusir tikus lebih aman daripada umpan beracun dan tidak membahayakan tikus. 

5. Memelihara kucing 

Dikutip dari Healthline, memelihara kucing adalah cara mengusir tikus di rumah yang paling mudah. Namun, jika tak memungkinkan, bisa juga dengan menyebarkan kotoran kucing di area yang paling sering dikunjungi tikus. 

Cara ini akan mencegah tikus berkeliaran di rumah. Namun, pastikan untuk menjauhkan kotoran kucing dari anak-anak.

Baca Juga: Bisa Mencegah Kerusakan Hati, Ini Sederet Manfaat Lain dari Kangkung untuk Tubuh

6. Minyak esensial 

Cara mengusir tikus yang membandel di rumah yakni menggunakan minyak esensial. Minyak esensial seperti minyak peppermint dan minyak cengkeh mampu mengusir keberadaan tikus di rumah. 

Cara mengusir tikus di rumah menggunakan minyak esensial yakni, basahi bola kapas dengan minyak esensial dan letakkan di area yang menarik perhatian tikus, seperti laci, lemari, dan pintu masuk rumah.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kucing Keracunan, Kenali Tanda dan Gejala Anabul Perlu Segera Ditolong

7. Gunakan pengusir hama ultrasonik 

Cara mengusir tikus yang membandel di rumah adalah menggunakan pengusir hama ultrasonik. Pengendalian hama ultrasonik adalah metode bebas bahan kimia untuk mengusir tikus. 

Pengusir hama ultrasonik menggunakan frekuensi suara yang mengusir hama dan tidak dapat didengar oleh telinga manusia.

Baca Juga: Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Ini Manfaat Ubi Ungu Bila Dimakan Secara Rutin

Cara Mengusir Tikus yang Membandel di Rumah

8. Pasang perangkap 

Cara mengusir tikus selanjutnya, yakni dengan memasang perangkap tanpa menggunakan racun. Tempatkan perangkap di area rumah yang paling sering dikunjungi tikus. 

Dikutip dari Kompas.com (7/8/2022), biasanya, tikus akan keluar mencari makan di malam hari. Oleh karena itu, periksalah perangkap setiap pagi. 

Setelah tikus terjebak dan masuk ke dalam perangkap, Anda bisa melepaskannya di lingkungan yang jauh dari rumah.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kucing Keracunan, Kenali Tanda dan Gejala Anabul Perlu Segera Ditolong

9. Cangkang telur

Cangkang telur juga bisa digunakan sebagai cara mengusir tikus yang membandel di rumah. Bukan hanya mengusir tikus, cangkang telur juga bisa membasmi semut dan kecoa di rumah.

Cara memanfaatkan cangkang telur untuk menyingkirkan tikus bukan dengan meletakannya begitu saja. Melainkan, Anda perlu menumbuk atau menghaluskannya terlebih dahulu, dan menaburkan bubuk cangkang telur ke tempat favorit tikus.

Baca Juga: Air Okra Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan?

10. Tutup tempat sampah 

Terakhir, cara mengusir tikus yang membandel di rumah yaitu dengan menutup tempat sampah. Layaknya serangga dan hama lain, tikus sangat tertarik dengan tempat sampah. 

Oleh sebab itu, pastikan tempat sampah tertutup rapat hingga tidak ada cela bagi tikus untuk menjangkaunya. Pastikan juga untuk selalu membersihkan rumah secara teratur, karena hewan pengerat ini tak betah tinggal di lingkungan bersih.

Demikian sejumlah cara mengusir tikus yang membandel di rumah yang bisa Anda coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru