10 Makanan dengan Kandungan Vitamin C Tinggi, Apa Saja?

Kamis, 09 Maret 2023 | 16:15 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
10 Makanan dengan Kandungan Vitamin C Tinggi, Apa Saja?


KESEHATAN - Simak beberapa makanan yang mengandung vitamin C tinggi. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Selain itu, kandung vitamin C dalam makanan juga dipercaya dapat melawan berbagai radikal bebas yang menjadi penyabab berbagai penyakit. 

Vitamin C juga merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Pasalnya, vitamin C berfungsi untuk menjaga kesehatan berbgai organ tubuh seperti sistem imun, kulit, tekanan darah, jantung dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Coba Simak 5 Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi yang Penting Diketahui

Terdapat beberapa makanan yang cocok untuk Anda konsumsi karena mengandung vitamin C tinggi dilansir dari My Food Data: 

1. Jambu Biji

Jambu biji merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak vitamin C. Dilansir My Food Data salah satu buah yang kerap dijadikan jus ini mengandung kurang lebih 671mg vitamin C per 200 kalori. 

2. Kiwi

Makanan yang mengandung vitamin C tinggi selanjutnya adalah buah kiwi. Buah yang berbentuk seperti telur ayam ini mempunyai rasa yang asam manis yang relatif enak.

Baca Juga: Tengok 8 Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan yang Menarik, Apa Saja?

3. Paprika

Paprika adalah salah satu jenis buah yang termasuk golongan terong-terongan ini mengandung banyak vitamin C loh. Umumnya paprika ini dimasak sebagai menu pelengkap makanan, contohnya seperti steak. 

4. Stroberi

Makanan yang mengandung banyak vitamin C selanjutnya, storeberi. Buah yang sering diolah menjadi berbagai jenis makanan atau perasa ini baik untu kesehatan tubuh karena mempunyai banyak vitamin.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Kecapi Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis, Cek Ya!

5. Jeruk 

Jeruk adalah salah satu makanan yang mengandung banyak vitamin C paling populer di masyarakat. Buah yang dikenal mengandung vitamin C ini mempunyai rasa yang enak dan tergolong murah dijual di pasaran. 

6. Pepaya

Selain jeruk, pepaya juga mengandung banyak vitamin C. Kandungan vitamin C pepaya juga dipercaya dapat meredakan panas dalam.

Baca Juga: Cek 5 Manfaat Buah Kelapa Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis, Apa Saja?

7. Brokoli

Setelah beberapa makanan tadi termasuk ke dalam kategori buah-buahan, kali ini ada sayuran yang mengandung vitamin C tinggi yaitu brokoli. Sayuran yang mengandung banyak vitamin C ini kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan. 

Selain memiliki kandungan vitamin C tinggi, brokoli juga dipercaya dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

Baca Juga: Coba Cek 7 Manfaat Biji Adas Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis

8. Tomat 

Tomat adalah buah yang sering disebut sayuran. Jangan salah, tomat juga mengandung vitamin C tinggi loh. Selain itu tomat juga dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung. 

9. Kacang Polong Salju 

Makanan yang mempunyai kadar vitamin C tinggi lainnya adalah kacang polong salju. Salah satu jenis kacang-kacangan ini mengandung 286mg vitamin C per 200 kalori.

Baca Juga: Coba Simak 6 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan yang Menarik Perhatian

10. Kale

Makanan yang mengandung vitamin C tinggi terakhir adalah daun kale. Daun kale biasanya harus diolah terlebih dahulu untuk dapat dikonsumsi. 

Selain memiliki kadar vitamin C tinggi, daun kale juga mengandung banyak nutrisi lain seperti protein, vitamin K, kalium, kalsium dan masih banyak lagi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru