10 manfaat baking soda, dari pemutih gigi hingga bisa jadi deodorant alami

Minggu, 23 Mei 2021 | 13:00 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
10 manfaat baking soda, dari pemutih gigi hingga bisa jadi deodorant alami

KONTAN.CO.ID - Salah satu bahan masakan yang selalu ada di dapur adalah baking soda. Manfaat bahan makanan ini biasa untuk membuat kue atau roti.

Baking soda memang erat kaitannya dengan hal masak-memasak. Tetapi, bahan makanan ini memiliki manfaat lain selain sebagai bahan pengembang makanan. 

Baking soda bisa digunakan untuk berbagai keperluan, mulai menghilangkan lemak hingga bau pada mulut.  

Sodium bikarbonat atau baking soda, bersumber dari Lifehack, bisa menetralisir pH. Produk ini juga tidak beracun serta ramah lingkungan.

Lalu, apa saja manfaat dari pengembang kue ini? Simak manfaat lain dari baking soda yang jarang orang tahu, dihimpun dari Lifehack:

  • Membersihkan lemak dan minyak

Baking soda sudah lama dimanfaatkan untuk menghilangkan lemak pada perlengkapan makan. Cara membersihkan lemak dan minyak pada alat masak dengan baking soda cukup mudah.

Tambahkan satu sendok baking soda pada sabun cuci piring. Tuang campuran pada alat yang berminyak, lalu diamkan beberapa saat. Setelahnya, gosok perlahan dan bilas dengan air bersih. 

Baca Juga: Ini cara membedakan daging sapi segar dengan oplosan, para ibu perlu tahu

  • Membersihkan saluran air yang tersumbat

Saluran air seperti pada wastafel atau kamar mandi, sering kali tersumbat. Jika tidak segera diatasi, kecoa bisa datang karena ada genangan air kotor. 

Campurkan secangkir baking soda dan secangkir cuka dapur lalu tuangkan pada saluran yang tersumbat.

  • Menghaluskan kaki

Masalah kulit mati di kaki sering membuat banyak orang terutama wanita menjadi minder. Masalah ini bisa diatasi dengan bantuan baking soda.

Anda cukup mencampurkan tiga sendok makan baking soda dengan air hangat. Rendam kaki Anda selama beberapa menit dalam campuran air baking soda tersebut.

  • Penghilang bau pasir kucing

Meski sudah memakai pasir wangi, terkadang bau kotoran kucing masih tetap tercium. Bau dari kotoran kucing kesayangan tentu bisa mengganggu terlebih jika ada tamu datang ke rumah. 

Untuk mengurangi bau tersebut, tuangkan baking soda pada dasar kotak pasir kucing lalu tutup dengan pasir kucing. 

Baca Juga: PPDB tahun ajaran 2021/2022 di DKI Jakarta segera di buka, simak infonya ini

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru