10 Manfaat Garam Himalaya untuk Kulit dari Cegah Jerawat hingga Penuaan

Selasa, 06 Februari 2024 | 11:31 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
10 Manfaat Garam Himalaya untuk Kulit dari Cegah Jerawat hingga Penuaan

ILUSTRASI. Ilustrasi?himalaya salt kasar


KESEHATAN - JAKARTA. Simak manfaat garam himalaya untuk kulit yang wajib Anda ketahui. Ikuti juga tips memakainya agar mendapatkan manfaat yang baik.

Garam Pink Himalaya diproduksi di Punjab atau terletak di kaki bukit Himalaya di Provinsi Punjab Pakistan. Sedimen laut purba telah menciptakan lapisan garam yang saat ini mengandung garam batu.

Garam Himalaya dinilai bermanfaat dalam pengobatan gangguan pernafasan, sekaligus sebagai pembersih bumbu dan bermanfaat dalam pengobatan asma. Seperti halnya bahan yang sedang tren, gagasan untuk mengambil informasi yang Anda dengar dengan hati-hati adalah hal yang penting.

Lalu, Apa manfaatnya bagi tubuh saya dibandingkan garam lainnya? Ya, garam ini memiliki beberapa manfaat yang luar biasa, menjadikannya alternatif yang bagus untuk garam meja dan bahan pokok baru yang menarik untuk ditambahkan ke dapur Anda.

Baca Juga: 7 Buah Segar yang Bisa Menyukseskan Program Diet Anda

Garam Himalaya merupakan garam alami yang tidak dimurnikan dan mengandung lebih dari 84 mineral. Garam ini dikatakan sebagai garam paling murni yang pernah ada, menjadikannya pilihan populer bagi mereka yang ingin menghindari bahan tambahan dan bahan kimia.

Jenis garam ini juga dapat digunakan dalam berbagai cara selain dimasak yakni sebagai perawatan kecantikan alami, dan sebagai cara untuk bersantai dan menghilangkan stres.

Cara memakai garam himalaya

Garam Himalaya

Mandi garam Himalaya adalah cara terbaik untuk menikmati manfaat garam yang luar biasa ini. Cukup tambahkan segenggam garam ke dalam bak mandi air hangat dan rendam selama 20 menit. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak lavendel untuk membantu Anda rileks.

Mandi garam Himalaya dipercaya dapat membantu meningkatkan sirkulasi, mendetoksifikasi kulit, dan mengurangi peradangan. Jika Anda memiliki kulit sensitif, mulailah dengan waktu mandi yang lebih singkat dan tingkatkan seiring dengan terbiasanya kulit.

Anda juga bisa menambahkan secangkir soda kue ke dalam bak mandi untuk membantu menenangkan kulit.

Baca Juga: 3 Jenis Skincare yang Berbahaya untuk Ibu Hamil dan Menyusui, Catat Apa Saja

Manfaat garam himalaya untuk kulit

Berikut ini beberapa manfaat garam himalaya untuk kulit yang bisa Anda pertimbangkan untuk memakainya, dilansir dari laman Alyaka.

1. Eksfoliasi kulit

Ini adalah eksfoliator alami yang brilian karena membantu mengelupas sel-sel kulit mati, memperlihatkan kulit segar dan bercahaya di bawahnya. Meskipun garam biasa dapat mengeringkan kulit, mineral dalam garam Himalaya membantu mengembalikan hidrasi mendalam pada kulit.

2. Mengurangi timbulnya jerawat

Garam jenis inikaya magnesium membantu mengembalikan keseimbangan tingkat pH kulit Anda, membantu mencegah jerawat punggung masalah kulit lainnya. Sifat eksfoliasinya membantu membersihkan kotoran dan bakteri yang dapat menyumbat pori-pori, sehingga mengurangi risiko munculnya jerawat.

3. Mencerahkan warna kulit

Garam Himalaya mengandung mineral penting yang mencerahkan kulit Anda dengan menstimulasi sirkulasi di lapisan bawah kulit Anda. Hal ini tidak hanya meningkatkan aliran darah, tetapi juga membantu memunculkan kilau alami pada wajah Anda.

4. Memelihara sel-sel kulit

Garam ini kaya akan nutrisi penting seperti kalsium, magnesium, dan potasium yang penting untuk regenerasi sel kulit yang sehat. Ini membantu menjaga kulit Anda tampak muda dan bercahaya!

Eksfoliasi wajah

5. Meredakan peradangan

Mineral yang ditemukan dalam garam Himalaya membantu mengurangi pembengkakan dan iritasi akibat peradangan. Hal ini terutama bermanfaat bagi pemilik kulit sensitif dan rentan terhadap kemerahan.

6. Mendetoksifikasi kulit

Garam Himalaya adalah detoksifikasi alami dan membantu menghilangkan kotoran dari kulit, menjadikannya terasa bersih dan segar. Ini sangat bagus terutama untuk orang yang memiliki kulit berminyak atau kulit yang rentan berjerawat.

7. Melawan tanda-tanda penuaan

Kandungan mineral pada garam Himalaya memiliki sifat antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis halus.

8. Mengeksfoliasi sel kulit mati

Nah, Garam Himalaya adalah eksfoliator yang sangat baik, karena teksturnya yang kasar membantu mengelupas sel kulit mati dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori. Pengelupasan kulit secara teratur sangat penting untuk menjaga kulit Anda tampak bercahaya dan sehat.

9. Melembabkan kulit

Garam Himalaya memiliki kemampuan unik untuk menarik dan mempertahankan kelembapan, sehingga cocok untuk pemilik kulit kering atau dehidrasi. Ini membantu mengunci hidrasi dan membuat kulit Anda bersinar secara instan.

10. Mencegah penyumbatan pori-pori

Mineral dalam garam Himalaya juga membantu mencegah kotoran yang menyumbat pori-pori seperti kotoran dan minyak menumpuk di permukaan kulit yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Sederet manfaat garam himalaya ini tentu bisa mengurangi kemerahan, gatal, atau ketidaknyamanan yang disebabkan oleh iritasi atau peradangan. Ini membuatnya bagus untuk pemilik kulit sensitif atau kondisi seperti eksim.

Itulah beberapa informasi terkait manfaat garam himalaya untuk kulit yang wajib Anda pertimbangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru