10 Tradisi Hari Valentine Unik di Berbagai Negara, dari Coklat hingga Nikah Massal

Rabu, 14 Februari 2024 | 09:16 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
10 Tradisi Hari Valentine Unik di Berbagai Negara, dari Coklat hingga Nikah Massal

ILUSTRASI. 10 Tradisi Hari Valentine Unik di Berbagai Negara, dari Coklat hingga Nikah Massal.


HARI BESAR NASIONAL -  Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang jatuh setiap tanggal 14 Februari. Banyak masyarakat di seluruh dunia merayakan perayaan ini dengan berbagai tradisi yang unik.  

Umumnya pada hari perayaan ini, pasangan kekasih akan memberikan hadiah berupa cokelat atau boneka untuk menunjukkan kasih sayang. 

Banyak toko hingga pusat perbelanjaan yang enuh dengan pernak-pernik perayaan Hari Valentine tahun 2024. Selain itu, banyak toko baik online maupun offline, yang memberikan diskon cukup besar untuk coklat dan barang Valentine lainnya.

Selain saling bertukar cokelat, beberapa negara memiliki tradisi unik untuk merayakan Hari Kasih Sayang. 

Merangkum Today dan Huffpost, berikut ini tradisi perayaan Hari Valentine di berbagai belahan dunia.

Baca Juga: 40 Twibbon Hari Valentine 14 Februari 2024 dengan Desain Keren, Yuk Ramaikan!

1. Perancis

Paris sudah dikenal luas sebagai sebagai salah satu kota paling romantis di dunia. Sebagai salah satu destinasi paling romantis di dunia, perayaan Hari Valentine sudah lama dirayakan di Prancis.

Konon, kartu Hari Valentine pertama berasal dari Prancis ketika Charles, Duke of Orleans, mengirim surat cinta kepada istrinya saat dipenjara di Menara London pada tahun 1415. 

Sejak saat itu kartu Hari Valentine tetap menjadi tradisi populer di Prancis dan di seluruh dunia. .

Acara Hari Valentine tradisional lainnya di Prancis adalah loterie d'amour, atau "menggambar untuk cinta". Laki-laki dan perempuan akan memenuhi rumah yang saling berhadapan, lalu bergiliran memanggil satu sama lain dan berpasangan.

2. Denmark

Hari Valentine merupakan hari perayaan yang relatif baru di Denmark. Perayaan ini baru mulai dirayakan oleh masyarakat Denmark pada awal tahun 1990an. 

Alih-alih memberikan mawar, orang-orang Denmark akan memberikan bunga putih bernama snowdrops

Tradisi Hari Valentine unik masyarakat Denmark berikutnya adalah saling bertukar "kartu kekasih". 

Kartu ini awalnya berupa kartu transparan yang berisikan gambar pemberi kartu, namun sekarang "kartu kekasih" merujuk pada semua kartu yang diberikan di Hari kasih Sayang. 

3. Korea Selatan

Hari Valentine adalah hari libur populer bagi pasangan muda di Korea Selatan, dan ada berbagai variasi liburan dirayakan setiap bulan dari Februari hingga April. 

Hadiah mulai diberikan pada 14 Februari, ketika para wanita merayu pria mereka dengan cokelat, permen, dan bunga. 

Peran ini berubah pada tanggal 14 Maret, hari libur yang dikenal sebagai White Day, ketika pria tidak hanya menghujani kekasih mereka dengan cokelat dan bunga, tetapi juga dengan hadiah.

Dan bagi mereka yang tidak memiliki banyak hal untuk dirayakan di Hari Valentine atau White Day, ada hari libur ketiga yaitu Black Day

Pada tanggal 14 April, menjadi kebiasaan bagi para lajang untuk meratapi status kesendirian mereka dengan makan semangkuk jajangmyeon berwarna gelap, atau mi pasta kacang hitam.

Baca Juga: Selamat Valentine 2024, Cek Ucapan Romantis & Link Twibbon Valentine untuk Kekasih

4. Jerman 

Jika Anda ingin memberikan hadiah selain pernak-pernik berbentuk hati di Hari Valentine, Anda bisa mencoba mencontek tradisi masyarakat Jerman. 

Masyarakat Jerman akan bertukar kado berbentuk babi. Babi adalah simbol cinta dan nafsu, jadi tidak jarang memberi dan menerima patung babi, boneka binatang, dan lainnya. 

Bunga dan cokelat juga dibagikan, serta kue jahe yang menampilkan ungkapan cinta dalam icing.

5. Meksiko

Untuk merayakan Hari Kasih Sayang di Meksiko, Anda tidak perlu memiliki pasangan kekasih. 

Pada tanggal 14 Februari di Meksiko dikenal dengan "El Día del Amor y Amistad," yang artinya "Hari Cinta dan Persahabatan" .

Pada hari itu setiap orang terlepas dari status hubungan mereka dapat merayakannya dengan bunga, kartu, boneka binatang, dan banyak lagi.

6. Tiongkok

Hari Valentine di Tiongkok setara dengan perayaan Qixi, atau Festival Malam Ketujuh, yang jatuh pada hari ketujuh bulan lunar ketujuh setiap tahun. 

Menurut cerita Tionghoa, Zhinu, putri raja surga, dan Niulang, seorang gembala sapi yang malang, jatuh cinta, menikah, dan memiliki anak kembar. 

Ketika ayah Zhinu mengetahui pernikahan mereka, dia mengirim ratunya untuk membawa Zhinu kembali ke bintang. 

Mendengar tangisan Niulang dan anak-anaknya, raja mengizinkan Zhinu dan Niulang bertemu setahun sekali di Qixi.

Selama Qixi, wanita muda menyiapkan persembahan melon dan buah-buahan lainnya untuk Zhinu dengan harapan menemukan suami yang baik. 

Pasangan juga pergi ke kuil untuk berdoa demi kebahagiaan dan kemakmuran. Pada malam hari, orang melihat ke langit untuk menyaksikan bintang Vega dan Altair (Zhinu dan Niulang) mendekat selama reuni tahunan pasangan yang bernasib sial itu.

7. Inggris

Menjelang Hari Valentine, para wanita di Inggris biasanya meletakkan lima lembar bay leaf (daun salam) di atas bantal mereka, satu di setiap sudut bantal dan satu lagi di tengah, untuk mewujudkan impian calon suami mereka. 

Alternatif lainnya adalah dengan membasahi daun salam dengan air mawar dan meletakkannya di atas bantal.

Di Norfolk Inggris, Jack Valentine bertindak sebagai semacam Santa untuk Hari Valentine. 

Anak-anak dengan cemas menunggu untuk mendengar Jack Valentine mengetuk pintu mereka, dan meskipun mereka tidak melihat sekilas Old Father Valentine, anak-anak menikmati permen dan hadiah kecil yang tertinggal di beranda mereka.

Baca Juga: Promo Superindo Pemilu 14 Februari 2024 Super Diskon 35%, Ada Promo Valentine Juga

8. Filipina

Perayaan Hari Valentine di Filipina mirip dengan perayaan di negara-negara Barat. 

Tradisi ini sangat populer dan menyebabkan ribuan pasangan berbagi hari pernikahan pada tanggal 14 Februari. 

Upacara pernikahan massal telah mendapatkan popularitas di Filipina dalam beberapa tahun terakhir, membuat ratusan pasangan berkumpul di mal atau tempat umum lainnya di seluruh negeri untuk menikah atau memperbarui sumpah mereka secara massal pada Hari Kasih Sayang.

9. Italia 

Makan malam romantis adalah salah satu cara untuk merayakan Hari Valentine di Italia.

Awalnya, orang Italia merayakan Hari Valentine sebagai Festival Musim Semi. Para pemuda dan sedang jatuh cinta akan berkumpul di luar di taman dan semacamnya untuk menikmati pembacaan puisi dan musik sebelum berjalan-jalan dengan kekasih mereka.

Tradisi Hari Valentine Italia lainnya adalah bagi gadis-gadis muda yang belum menikah untuk bangun sebelum fajar untuk melihat calon suami mereka. 

Mereka berkeyakinan bahwa pria pertama yang dilihat seorang wanita pada Hari Valentine adalah pria yang akan dinikahinya dalam waktu satu tahun. Atau setidaknya sangat mirip dengan pria yang akan dinikahinya.

Salah satu hadiah Hari Valentine paling populer di Italia adalah Baci Perugina, berupa kacang hazelnut kecil berlapis cokelat yang dibungkus dengan kutipan romantis yang dicetak dalam empat bahasa.

10. Afrika Selatan

Seperti banyak bagian dunia lainnya, Afrika Selatan merayakan Hari Valentine dengan festival, bunga, dan kado-kado lain untuk menyatakan cinta. 

Wanita di Afrika Selatan juga memiliki kebiasaan untuk memasang hati di lengan baju mereka pada tanggal 14 Februari. 

Selain itu mereka juga menyematkan nama orang yang dicintai di lengan baju mereka, sebuah tradisi Romawi kuno yang dikenal sebagai Lupercalia. Dalam beberapa kasus, inilah cara pria Afrika Selatan mengetahui pengagum rahasia mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru