12 Manfaat baking soda dan cara menggunakannya

Jumat, 08 Oktober 2021 | 13:51 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
12 Manfaat baking soda dan cara menggunakannya

ILUSTRASI. Baking soda

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Manfaat baking soda dikenal sebagai bahan pengembang dalam pembuatan kue. Baking soda atau natrium bikarbonat memang salah satu bahan yang digunakan dalam pembuatan kue.

Fungsi baking soda dalam pembuatan kue yakni menyebabkan adonan mengembang dengan menghasilkan karbon dioksida. Namun, selain digunakan untuk membuat kue, ada sejumlah manfaat baking soda lainnya. Seperti membersihkan kamar mandi dan peralatan dapur. 

Selain untuk memasak, soda kue memiliki berbagai kegunaan rumah tangga tambahan dan manfaat kesehatan.

Lantas, apa saja manfaat baking soda? 

Baca Juga: ​Apa beda baking soda dan baking powder? Ini penjelasan dan kegunaannya

Sejumlah manfaat baking soda

Dirangkum dari laman Healthline, berikut sejumlah manfaat baking soda kue dalam kehidupan sehari-hari:

1. Obat kumur

Salah satu manfaat baking soda adalah digunakan sebagai obat kumur. Beberapa penelitian menunjukkan manfaat baking soda dapat membantu menyegarkan napas dan bahkan memberikan sifat antibakteri dan antimikroba. 

Cara membuat obat kumur dari baking soda pun sederhana. Tambahkan setengah sendok teh baking soda ke setengah gelas air hangat. Lalu gunakan untuk berkumur.

2. Meredakan sariawan

Manfaat baking soda salah satunya adalah dapat digunakan untuk membantu meredakan rasa sakit akibat sariawan. Caranya adalah tinggal berkumur menggunakan baking soda seperti di poin pertama. 

Berkumurlah menggunakan baking soda sekali sehari hingga sariawan sembuh.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih, Mudah Dilakukan

3. Memutihkan gigi Anda

Baking soda juga bisa digunakan untuk memutihkan gigi. Hal ini lantaran baking soda memiliki sifat abrasif ringan yang memungkinkannya memutuskan ikatan molekul yang menodai gigi. 

Selain itu, baking soda juga memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri berbahaya. 

4. Deodoran

Selanjutnya, manfaat baking soda adalah dapat digunakan sebagai deodoran. Baking soda yang bersifat basa dapat menghilangkan bau keringat dengan membuat baunya tidak terlalu asam. Cara menggunakannya pun mudah yakni dengan menepuk baking soda di ketiak Anda. 

5. Meringankan kulit gatal dan terbakar sinar matahari

Manfaat baking soda yakni dapat membantu meringankan kulit gatal dan terbakar sinar matahari. Namun, ada yang mengklaim bahwa hasilnya akan semakin efektif jika baking soda dikombinasikan dengan bahan lain seperti tepung jagung dan oatmeal. 

Cara menggunakannya yakni dengan menambahkan sekitar satu hingga dua cangkir baking soda dalam air hangat lalu gunakan untuk mandi. Pastikan area yang terkena direndam secara menyeluruh.

Baca Juga: Ada Noda Minyak Membandel di Baju? Ini Cara Mudah Menghilangkannya

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru