13 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman Bersama Bayi, Apa Saja yang Harus Disiapkan?

Selasa, 02 April 2024 | 11:18 WIB   Penulis: Mega Putri
13 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman Bersama Bayi, Apa Saja yang Harus Disiapkan?

13 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman Bersama Bayi, Apa Saja yang Harus Disiapkan?


TIPS & TRIK - Jangan sampai anak rewel dan tidak nyaman, ada banyak tips mudik lebaran aman bersama bayi. Apa saja yang harus disiapkan dan dilakukan selama perjalanan untuk tips mudik lebaran aman bersama bayi?

Mudik lebaran yang menempuh perjalanan jauh bukan hal yang mudah. Ada banyak barang yang harus dibawa dan menyiapkan perjalanan agar nyaman dan aman.

Apalagi ketika membawa bayi untuk mudik lebaran, tentu semakin banyak yang harus diperhatikan. Ini 13 tips mudik lebaran aman bersama bayi.

Tips Mudik Lebaran Aman Bersama Bayi

Pastikan Keadaan Kendaraan Mudik

Hal pertama yang harus disiapkan dengan baik sebelum melakukan perjalanan jauh mudik lebaran adalah pastikan keadaan kendaraan mudik dengan baik.

Cek kondisi ban dan tekanan udara yang sesuai agar perjalanan mudik terasa aman dan nyaman dengan kendaraan pribadi Anda.

Jangan lupa cek oli mesin, kondisi AC mobil, lampu, dan rem pastikan berfungsi dengan baik. Jangan lupa bawa dokumen kendaraan atau SIM.

Baca Juga: Promo Indomaret Super Hemat April Beli Banyak Lebih Hemat, Diskon Perlengkapan Bayi

Cek Kesehatan Bayi Sebelum Berangkat

Penting untuk memastikan bayi sehat sebelum mudik. Sebaiknya tanya dokter yang Anda percaya tentang kondisi bayi untuk dibawa perjalanan mudik.

Apabila bayi kurang sehat, sebaiknya menunda jadwal perjalanan mudik dan memprioritaskan bayi sehat terlebih dahulu.

Bawa Perlengkapan Bayi

Tips mudik lebaran aman bersama bayi selanjutnya adalah menyiapkan barang-barang perlengkapan bayi. Apa saja yang harus dibawa?

Tissue basah dan tissue kering
Minyak telon
Beberapa popok ganti sekali pakai
Botol ASI dan dot
Botol minum air putih
Beberapa kantong plastik
Krim ruam popok bayi
Perlengkapan mandi bayi
Lotion bayi
Alas untuk ganti popok

Baca Juga: Awas Asam Lambung Kambuh, 11 Sayuran Ini Bahaya untuk Dikonsumsi Berlebihan

Jangan Lupa Bawa P3K

Tidak hanya untuk bayi, perlengkapan P3K dan obat-obatan pribadi sangat penting untuk dibawa orang dewasa saat perjalanan jauh mudik lebaran.

Bawa parasetamol, obat merah, plester, minyak kayu putih, dll untuk berjaga-jaga pada segala kemungkinan yang bisa terjadi selama perjalanan mudik lebaran.

Tips Mudik Lebaran Aman Bersama Bayi

Bawa Mainan yang Disukai dan Sering Berinteraksi dengan Bayi

Jangan lupa untuk sering berinteraksi dengan bayi selama perjalanan. Ajak bayi berbicara, bernyanyi atau bacakan buku yang dia sukai.

Ini agar suasana hati bayi selalu nyaman dan senang agar tidak rewel. Anda bisa membawa mainan yang disukai bayi saat perjalanan mudik lebaran.

Baca Juga: Cegah Serangan Jantung dan Kolesterol Tinggi, Ini 8 Manfaat Kolang-Kaling untuk Tubuh

Pastikan Bayi Pakaiannya Nyaman

Tips mudik lebaran bersama bayi yang satu ini juga penting karena pakaian yang nyaman akan membuat bayi tidak rewel di perjalanan.

Gunakan pakaian yang santai dan nyaman yang tidak terlalu ketat di tubuh bayi, mudah menyerap keringat, kain tidak panas, dan lembut.

Jangan lupa pakaian bayi sebaiknya yang mudah dilepaskan agar mudah mengurusi anak Anda saat tiba-tiba muntah atau ganti popok.

Bawa Pakaian Hangat untuk Bayi

Pakaian hangat untuk bayi penting untuk berjaga-jaga jika bayi kedinginan dalam perjalanan karena cuaca atau AC kendaraan.

Jangan lupa untuk membawa selimut, kaus kaki bayi, jaket, dan pakaian panjang yang hangat untuk bayi selama perjalanan mudik lebaran.

Baca Juga: Promo Alfamart Gantung April 2024, Produk Kecantikan & Perawatan Tubuh Diskon 40%

Membawa Baby Car Seat

Bagi yang mudik dengan kendaraan pribadi, bayi sebaiknya duduk di baby car seat agar aman dan nyaman untuk bayi selama perjalanan.

Baby car seat juga membantu ibu atau ayah tidak akan pegal tangannya karena selalu menggendong bayi di perjalanan mudik lebaran.

Tips Mudik Lebaran Aman Bersama Bayi

Siapkan Perlengkapan Ganti Popok Bayi

Rutin mengganti popok bayi juga menjadi tips mudik lebaran nyaman dan aman agar bayi tidak mudah rewel karena popok penuh.

Siapkan perlengkapan ganti popok bayi mulai dari kantong kresek kotor, popok bersih, air sedikit, tissue kering dan tissue basah sampai alas ganti popok bayi.

Alat Makan dan Minum

Bagi bayi yang sudah di atas 6 bulan dan masuk masa MPASI, tips mudik lebaran membawa bayi ini juga perlu diperhatikan.

Siapkan perlengkapan makan bayi untuk jam makan di perjalanan. Bawa makanan MPASI dari rumah dan pastikan tetap enak dimakan saat perjalanan.

Baca Juga: Promo Superindo Spesial THR Terbaru 1-4 April 2024, Beli 2 Lebih Hemat di Awal Bulan

Bawa Camilan untuk Bayi

Selain mainan dan sering berinteraksi dengan bayi, membawa camilan juga masuk tips mudik lebaran nyaman bersama bayi.

Bayi akan merasa ceria selama perjalanan dan fokus dengan camilan sehingga tidak merasa bosan atau rewel melakukan perjalanan jauh beberapa jam.

Tips Mudik Lebaran Aman Bersama Bayi

Rencanakan Beberapa Kali Berhenti Istirahat

Bagi pengguna kendaraan pribadi, jangan lupa merencanakan beberapa kali istirahat sebentar di rest area atau tempat lain.

Berhenti dan istirahat bisa membuat Anda maupun bayi lebih segar berada di luar kendaraan sebentar atau untuk ganti popok di kamar mandi.

Baca Juga: Promo Burger King Spesial THR April 2024, Pilihan Makan Hemat Serba Rp 17.000-an Saja

Pisahkan Tas Pakaian dengan Tas Perlengkapan Barang Bayi

Memisahkan tas khusus untuk pakaian dan tas perlengkapan bayi akan memudahkan saat harus cepat mencari barang yang dibutuhkan bayi.

Pastikan tas pakaian ganti bayi selama perjalanan dan tas perlengkapan bayi dekat dengan tempat duduk ibu agar mudah dijangkau setiap saat.

Selanjutnya: Nasabah Wajib Cek Kurs Dollar-Rupiah di Bank Mandiri pada Selasa (2/4)

Menarik Dibaca: Drama China Everyone Loves Me yang Bikin Greget Penonton

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Mega Putri

Terbaru