3 Bahan alami ini efektif dijadikan shampo anti ketombe

Kamis, 27 Mei 2021 | 13:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
3 Bahan alami ini efektif dijadikan shampo anti ketombe

ILUSTRASI. Salah satu manfaat cuka apel adalah digunakan sebagai shampo anti ketombe.


KESEHATAN - JAKARTA. Ketombe merupakan salah satu masalah rambut dan kulit kepala yang sering dialami oleh banyak orang. Ada banyak cara mengatasinya yang bisa Anda coba. Salah satunya adalah dengan menggunakan shampo anti ketombe.

Ketombe terjadi akibat kulit kepala yang meradang, misalnya karena infeksi jamur. Biasanya, ketombe juga ditandai dengan rasa gatal. Jika terus dibiarkan, risiko infeksi semakin besar sehingga ketombe perlu segera diatasi.

Sebenarnya, ada banyak sampo yang bisa Anda beli di pasaran. Namun, tidak ada salahnya untuk memilih bahan-bahan alami di sekitar Anda. Meski demikian, ada baiknya bagi Anda untuk menggunakan bahan alami ini sesuai dengan pengawasan dokter, apalagi jika ketombe cukup parah.

Cuka Apel

Byrdie (byrdie.com) mengatakan bahwa ketombe bisa diatasi dengan memakai cuka apel. Selain mengatai ketombe, cuka apel juga efektif membersihkan kotoran yang menumpuk di kulit kepala dan menyeimbangkan pH kulit. Dengan begitu, rambut bisa tumbuh lebih kuat dan berkilau.

Anda perlu mencampur cuka apel dan air hangat dengan perbandingan 1:1 terlebih dahulu. Jumlah itu bisa berubah sesuai dengan volume rambut Anda. Gunakan air cuka apel itu di seluruh rambut dan kulit kepala. Jangan lupa untuk memijat kulit kepala selama sekitar tiga menit sebelum Anda membilasnya dengan air.

Baca Juga: 4 Masker rambut terbaik dari bahan alami, mau coba?

Madu

Madu juga bisa Anda jadikan shampo anti ketombe, lo. Sama seperti cuka apel, madu efektif menyeimbangkan pH kulit sehingga ketombe bisa hilang dengan maksimal. Tidak berhenti sampai di situ, madu juga dipenuhi dengan antibakteri dan antijamur yang mampu menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.

Caranya, campur 1 sdm madu dalam ¼ gelas air. Anda bisa menambahkan 1 sdm lidah buaya agar efeknya lebih terasa. Aduk hingga rata lalu gunakan campuran itu pada rambut dan kulit kepala. Pijat kulit kepala sebentar lalu bilas dengan air.

Baca Juga: Tanpa obat, ini bahan alami untuk mengatasi kutu rambut

Lemon

Lemon bisa Anda olah menjadi shampo anti ketombe

Byrdie merekomendasikan cara mengatasi ketombe dengan memakai lemon. Asam sitrat dalam lemon efektif mengatasi produksi minyak berlebih. Namun, kandungan alkaline dalam lemo cukup tinggi sehingga berpotensi mengakibatkan iritasi.

Anda bisa menggunakan minyak lemon jika memiliki kulit kepala yang cukup sensitif. Campur beberapa tetes minyak lemon dalam 2 sdm minyak almond. Pijatkan campuran itu pada kulit kepala lalu bilas dengan air. Untuk mendapat hasil maksimal, cobalah untuk menggunakannya setiap hari.

Selanjutnya: Inilah 4 rekomendasi vitamin rambut yang bisa Anda coba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru