3 Cara meluruskan rambut secara alami, mudah dicoba

Senin, 11 Januari 2021 | 15:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
3 Cara meluruskan rambut secara alami, mudah dicoba


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak orang yang ingin memiliki rambut lurus. Selain mudah diatur, rambut lurus juga dirasa lebih cocok diubah menjadi gaya rambut apa pun. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan, salah satunya adalah dengan melakukan cara meluruskan secara alami.

Bahan-bahan alami yang digunakan tak hanya membuat rambut menjadi lebih lurus, tapi juga menutrisi rambut dengan baik. Hasilnya, rambut menjadi kuat dan tak mudah rontok serta terlihat berkilau.

Selain memakai bahan alami, Femina India (femina.in) merekomendasikan cara lain yang perlu Anda coba, yaitu menyisir rambut dalam keadaan basah. Langkah yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Cuci rambut dengan sampo dan kondisioner seperti biasa lalu keringkan rambut dengan handuk.

Setelah itu, gunakan sisir bergigi jarang secara perlahan supaya rambut tidak rusak dan rontok. Ulangi langkah tersebut tiap lima menit sekali sampai rambut kering agar bentuknya menjadi lurus. Agar rambut lurus bertahan lama, manfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda.

Baca Juga: 3 Bahan alami ini efektif jadi obat rambut rontok

Susu

Kasein dan whey protein yang terdapat dalam susu berfungsi sebagai pelurus alami. Kandungan-kandungan tersebut juga bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan rambut sehingga rambut menjadi lebih kuat dan lembut.

Selain susu sapi, Anda juga bisa memanfaatkan susu kambing, susu almond, dan santan. Caranya, Anda perlu mencuci rambut dengan sampo dan kondisioner seperti biasa. Selanjutnya, aplikasikan susu di seluruh batang rambut dan kulit kepala. Setelah didiamkan selama beberapa menit, bilas dengan air.

Telur

Femina India mengatakan bahwa telur juga dapat dimanfaatkan sebagai pelurus alami. Langkah yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah. Gunakan telur sebagai masker rambut dan kulit kepala selama 10 menit lalu bilas dengan sampo dan kondisioner. Lakukan cara tersebut dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Baca Juga: Mudah dan efektif, inilah cara cepat memanjangkan rambut

Madu dan Pisang

Madu dan pisang bisa jadi salah satu cara meluruskan rambut secara alami.

Cara meluruskan rambut secara alami juga bisa Anda lakukan dengan memakai madu dan pisang, lo. Kedua bahan alami tersebut mampu melembabkan dan melindungi rambut dari kerusakan karena mengandung antibakteri dan pelembab alami.

Pertama, hancurkan sebuah pisang yang sudah matang lalu campur dengan 1 sdm madu. Setelah teraduk rata, aplikasikan campuran itu pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama setengah jam sembari menutup rambut dengan shower cap. Selanjutnya, cuci rambut dengan sampo seperti biasa.

Selanjutnya: 5 Khasiat daun salam untuk kulit dan rambut Anda

Editor: Belladina Biananda
Terbaru