4 Cara membersihkan karang gigi, bisa dicoba di rumah

Selasa, 03 Agustus 2021 | 12:26 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara membersihkan karang gigi, bisa dicoba di rumah

ILUSTRASI. Cara membersihkan karang gigi bisa Anda lakukan dengan memakai bahan alami.


KESEHATAN - JAKARTA. Karang gigi yang terus dibiarkan dapat memengaruhi warna gigi. Maka dari itu, cara membersihkan karang gigi perlu segera Anda coba. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan beberapa jenis bahan alami di sekitar Anda.

Sisa makanan, mineral, atau bakteri jadi penyebab terbentuknya karang gigi. Tentu saja Anda perlu menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan benar supaya hal itu dapat Anda hindari. Mulai dari rajin menyikat gigi dan menggunakan benang gigi serta obat kumur.

Bahan-bahan alami berikut ini dapat Anda pakai supaya karang gigi tak mengganggu kesehatan. Meski demikian, jangan ragu untuk tetap rutin memeriksakan diri ke dokter gigi, ya. Tujuannya supaya kondisi kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga.

Jambu Biji

Doctor NDTV (doctor.ndtv.com) mengatakan bahwa jambu biji berguna untuk membersihkan karang gigi. Selain itu, jambu biji juga bisa dimanfaatkan sebagai obat gusi bengkak. Anda hanya perlu mengunyah daun jambu biji bersih secara rutin. Pastikan untuk tidak menelan bahan alami itu, ya.

Baca Juga: Ini 3 cara memutihkan gigi kuning secara alami

Kulit Jeruk

Cara membersihkan karang gigi berikutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan kulit jeruk. Anda hanya perlu menggosokkan kulit jeruk di seluruh area gigi. Diamkan dulu selama dua menit kemudian bilas dengan air. Lakukan cara tersebut dua hingga tiga kali dalam seminggu untuk mendapat hasil maksimal.

Tomat

Mengutip dari Doctor NDTV, tomat bisa digunakan untuk menghilangkan karang gigi karena mengandung banyak vitamin C. Vitamin C berperan sebagai antimikroba sehingga bakteri penyebab karang gigi dapat Anda bersihkan.

Cara yang perlu Anda lakukan pun mudah. Gunakan ekstrak tomat pada seluruh area gigi lalu diamkan selama lima menit. Selanjutnya, bilas dengan air. Anda bisa menggunakan cara tersebut sebanyak dua kali dalam seminggu.

Baca Juga: 5 Pilihan obat herbal sakit gigi yang bisa Anda coba

Lidah Buaya, Gliserin, Lemon, Baking Soda

Salah satu cara membersihkan karang gigi adalah menggunakan campuran lidah buaya dan bahan alami yang lain.

Jika Anda mencari cara membersihkan karang gigi, maka lidah buaya bisa jadi salah satu pilihan. Untuk memaksimalkan efeknya, campur 1 sdt gel lidah buaya dengan 4 sdt gliserin, 5 sdm baking soda, beberapa tetes lemon essential oil, dan segelas air.

Aduk semua bahan tersebut hingga rata lalu gunakan untuk menyikat gigi. Anda bisa menggunakannya setiap hari sampai karang gigi hilang. Setelah hilang, gunakan campuran lidah buaya itu tiap tiga atau empat hari sekali.

Selanjutnya: Coba 4 cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri ini, yuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru