4 Cara Mengatasi Pesan WhatsApp Tidak Dapat Terkirim dengan Cepat

Senin, 29 Juli 2024 | 02:55 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
4 Cara Mengatasi Pesan WhatsApp Tidak Dapat Terkirim dengan Cepat

ILUSTRASI. Pesan Whatsapp Tidak Terkirim atau sampai. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/


WHATSAPP - JAKARTA. Simak cara mengatasi pesan WhatsApp tidak dapat terkirim. Masalah aplikasi perpesanan tentu terkait dengan koneksi internet hingga memperbarui aplikasi.

Namun, penting untuk mengetahui mengapa masalah pesan WhatsApp tidak terkirim terjadi sejak awal.

Apabila Anda mengalami masalah dengan WhatsApp yang tidak bisa mengirim pesan, ada beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk mengatasinya.

Pastikan perangkat memiliki koneksi internet yang stabil dan cukup kuat. Ketika Anda menggunakan Wi-Fi, coba restart router atau ganti ke jaringan data seluler untuk melihat apakah masalah teratasi.

Baca Juga: Ini Cara Mengubah WhatsApp Business ke WhatsApp Personal dan Sebaliknya

Mengatasi Pesan WhatsApp tidak dapat terkirim

WhatsApp

Pastikan juga Anda menggunakan versi terbaru dari WhatsApp dengan memperbaruinya melalui Google Play Store atau App Store. Anda dapat membersihkan cache aplikasi dan data di pengaturan HP juga bisa membantu mengatasi masalah yang disebabkan oleh file sementara yang rusak.

Jika ada masalah dengan HP Anda yang menyebabkan pesan WhatsApp Anda tidak terkirim dengan baik, restart dapat membantu mengembalikan pengaturan lama.

Tetapi jika tidak ada yang berhasil, Anda bisa mencoba solusi ini juga. Dalam skenario terburuk, mungkin perlu mereset HP.

Namun sebelum itu, Anda juga dapat memeriksa pengaturan HP Anda untuk melihat apakah ada pembatasan pengiriman pesan yang diaktifkan yang mencegah Anda mengirim atau menerima pesan dari aplikasi yang berbeda.

Baca Juga: Cara Registrasi ASIK Mobile untuk Tenaga Kesehatan dan Syaratnya

Berikut ini panduan untuk mengatasi pesan WhatsApp tidak dapat terkirim, dilansir dari laman 

1. Aplikasi WhatsApp Bermasalah

Nah, aplikasi bisa jadi ada bug atau gangguan pada aplikasi WhatsApp itu sendiri. Anda dapat memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru melalui Google Play Store atau App Store.

Jika masalah berlanjut, coba hapus dan instal ulang aplikasi WhatsApp, pastikan Anda telah mencadangkan chat sebelumnya.

2. Pengaturan HP

Masalah ini bisa timbul dari pengaturan pada ponsel yang membatasi pengiriman pesan. Periksa pengaturan aplikasi WhatsApp di ponsel Anda dan pastikan tidak ada batasan untuk penggunaan data latar belakang.

Periksa apakah Anda mengakitfkan mode hemat daya, karena ini dapat membatasi fungsi aplikasi.

3. Masalah dengan Nomor Tujuan

Nah, untuk nomor penerima mungkin salah, atau penerima telah memblokir Anda. Periksa kembali nomor tujuan. Jika nomor benar tetapi masih tidak bisa mengirim pesan, coba hubungi penerima melalui metode lain untuk memastikan belum memblokir kontak.

4. Masalah dengan Server WhatsApp

Terkadang, server WhatsApp mungkin sedang mengalami gangguan. Cek status server WhatsApp melalui situs web atau aplikasi pihak ketiga yang memantau status layanan online. Jika server WhatsApp down, Anda hanya bisa menunggu sampai kontak memperbaikinya.

Demikian informasi yang wajib Anda ikuti karena masalah pesan WhatsApp tidak dapat terkirim dengan cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru