4 cara menghilangkan bau mulut, cukup mudah untuk Anda coba

Senin, 01 Maret 2021 | 18:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 cara menghilangkan bau mulut, cukup mudah untuk Anda coba

KONTAN.CO.ID - Cara menghilangkan bau mulut perlu segera Anda lakukan. Tidak hanya mengganggu kepercayaan diri, bau mulut juga bisa jadi tanda adanya gangguan kesehatan gigi dan mulut.

Jika tak segera ditangani, kondisi kesehatan Anda yang lain bisa terganggu.

Kalau bau mulut tidak hilang dalam jangka waktu tertentu, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Setelah melalui beberapa pemeriksaan, dokter bisa memberikan saran perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Namun, tidak semua penyebab bau mulut adalah hal-hal yang serius. Ada pula faktor penyebab yang bisa Anda atasi sendiri di rumah.

Cara-cara berikut cukup mudah untuk Anda coba sehingga masalah bau mulut Anda bisa lebih cepat teratasi:

Baca Juga: 7 Manfaat lain dari baking soda, mulai dari penghilang lemak hingga bau mulut

Perbanyak frekuensi sikat gigi

Untuk menghindari penyakit gigi dan mulut, usahakan untuk selalu menjaga kebersihan. Caranya adalah dengan rajin sikat gigi.

Sikat gigi mampu mencegah penumpukan sisa makanan menjadi plak dan menurunkan risiko infeksi bakteri. Mengutip dari Web MD, cobalah untuk sikat gigi minimal dua kali dalam sehari.

Jangan lupa untuk membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi, ya. Namun, jangan terlalu kasar atau terlalu sering melakukan hal-hal tersebut karena justru bisa membuat gigi menjadi lebih mudah rusak.

Pakai obat kumur

Selain memakai sikat dan benang gigi, cara menghilangkan bau mulut juga bisa Anda lakukan dengan memakai obat kumur. Usahakan untuk memilih obat kumur yang tak hanya menghilangkan bau tidak sedap, tapi juga membunuh kuman penyebab penyakit.

Baca Juga: 4 cara menghilangkan karang gigi yang efektif, bisa pakai bahan alami

Berhenti merokok

Berhenti merokok jadi salah satu cara menghilangkan bau mulut yang perlu Anda coba.

Berhenti merokok jadi salah satu cara menghilangkan bau mulut yang perlu Anda coba. Tak hanya menyebabkan masalah bau mulut, kandungan dalam rokok juga dapat mengganggu kesehatan tubuh secara kesulitan.

Jika Anda kesulitan untuk menghentikan kebiasaan itu, cobalah untuk meminta saran dari dokter.

Hindari jenis makanan tertentu

Menurut Web MD, sebaiknya Anda untuk menghindari jenis makanan tertentu karena bisa menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap. Beberapa jenis makanan itu adalah bawang putih atau bawang merah.

Kandungan dalam bawang putih atau bawang merah dapat masuk ke aliran darah yang mengalir ke paru-paru. Proses itulah yang membuat bau mulut Anda menjadi tak sedap.

Jika Anda akan bekerja atau bertemu dengan orang lain, usahakan untuk membatasi atau bahkan benar-benar tidak mengonsumsi jenis makanan itu.

Selanjutnya: 4 bahan alami ini cocok dijadikan obat gusi bengkak

Editor: Belladina Biananda
Terbaru