4 Cara menghilangkan bekas luka dengan bahan alami

Senin, 12 April 2021 | 08:52 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara menghilangkan bekas luka dengan bahan alami

ILUSTRASI. Lemon adalah salah satu bahan alami yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan bekas luka.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski tidak berbahaya, bekas luka bisa membuat seseorang tidak percaya diri. Apalagi jika berada di bagian kulit yang mudah terlihat. Anda tidak perlu khawatir jika mengalami kondisi tersebut karena ada banyak cara menghilangkan bekas luka yang bisa Anda coba.

Sebenarnya, ada banyak produk perawatan kulit di pasaran yang bisa Anda beli. Namun, kebanyakan produk itu terbuat dari bahan kimia yang mana tidak baik untuk pemakaian jangka panjang. Alih-alih menggunakan produk tersebut, cobalah untuk beralih memanfaatkan bahan-bahan alami.

Bahan alami di sekitar Anda mengandung nutrisi yang dibutuhkan kulit supaya bekas luka bisa hilang dengan lebih cepat. Tak hanya itu, nutrisi yang terkandung dalam bahan alami juga mampu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Minyak Lavender

Mengutip dari Hello Glow (helloglow.com), kandungan dalam minyak lavender mampu menyamarkan bekas luka. Tak hanya itu, minyak lavender juga bisa meningkatkan sintesis kolagen dan mengatasi eksim, luka terbakar, dan jenis luka lain dengan optimal.

Anda bisa mengaplikasikan beberapa tetes minyak lavender secara langsung pada bekas luka. Untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan, ada baiknya bagi Anda untuk melakukan uji coba dulu. Aplikasikan minyak lavender pada siku. Jika tidak ada reaksi alergi yang muncul, Anda bisa melanjutkan pemakaian.

Baca Juga: Untuk menghilangkan bau mulut, 4 bahan rumahan ini bisa diandalkan

Lemon

Cara menghilangkan bekas luka selanjutnya adalah dengan memanfaatkan lemon. Jenis buah itu mengandung pencerah alami sehingga mampu menyamarkan bekas luka. Dengan pemakaian yang teratur, bekas luka yang menggelap akan tersamarkan.

Timun

Selain lemon dan minyak lavender, timun juga bisa Anda pakai sebagai cara menghilangkan bekas luka. Ada banyak kandungan dalam timun yang mempercepat proses menghilangnya bekas luka. Mulai dari pencerah alami, antioksidan, dan antiinflamasi.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, hancurkan satu timun hingga halus. Selanjutnya, campurkan dengan 1 sdm yogurt greek lalu aduk hingga rata. Setelah itu, aplikasikan pada bekas luka selama 10 menit lalu bersihkan dengan air.

Baca Juga: Efektif, ini 4 cara alami menghilangkan flek hitam

Lidah Buaya

Salah satu cara menghilangkan bekas luka adalah dengan memakai lidah buaya.

Hello Glow merekomendasikan lidah buaya untuk menyamarkan bekas luka yang Anda miliki. Bahan alami itu juga mampu mengurangi kemerahan dan peradangan atau inflamasi. Jadi, ada baiknya bagi Anda untuk menggunakan aloe vera untuk merawat luka supaya kondisinya tak semakin parah.

Selanjutnya: 4 Cara menghilangkan jerawat batu ini perlu Anda coba

Editor: Belladina Biananda
Terbaru