4 Cara menghilangkan kutu rambut dengan bahan alami

Senin, 10 Mei 2021 | 13:48 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara menghilangkan kutu rambut dengan bahan alami

ILUSTRASI. Cara menghilankan kutu rambut bisa Anda lakukan dengan bahan alami. KONTAN/Carolus Agus Waluyo.

KONTAN.CO.ID - Gejala umum saat ada kutu rambut adalah kulit kepala terasa gatal dan muncul benjolan kemerahan. Anda perlu mencoba berbagai macam cara menghilangkan kutu rambut.

Jika terus dibiarkan, tentu saja kutu rambut dapat menyebabkan masalah yang lebih serius. 

Mengutip dari Top 10 Home Remedies, kutu bisa Anda bersihkan dengan sisir kutu. Pertama-tama, cuci rambut dengan sampo seperti biasa.

Setelah rambut tidak terlalu basah, bagi rambut menjadi beberapa bagian lalu gunakan sisir kutu.

Jangan lupa untuk meletakkan handuk di bagian pundak supaya kutu bisa dibersihkan dengan mudah. Lakukan cara tersebut satu kali sehari sampai kutu benar-benar hilang.

Selain menggunakan sisir kutu, beberapa bahan alami berikut bisa Anda gunakan sebagai obat kutu rambut:

Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu pembasmi kutu yang efektif. Jenis minyak itu berperan sebagai pelumas sehingga kutu kesulitan untuk berpindah tempat dan berkembang biak.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Campur 2 sdm minyak kelapa dengan empat hingga lima tetes minyak adas manis.

Balurkan campuran minyak itu pada rambut dan kulit kepala lalu tutup dengan shower cap atau handuk. Diamkan dulu selama enam hingga delapa jam lalu gunakan sisir kutu. Selanjutnya, bilas rambut dengan sampo.

Baca Juga: 5 Cara menghilangkan uban dengan bahan alami, mudah dicoba

Petroleum jelly

Ada banyak manfaat petroleum jelly yang bisa Anda dapatkan. Salah satunya adalah bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kutu rambut.

Anda hanya perlu mengoleskan petroleum jelly ke kulit kepala selama semalaman. Jangan lupa untuk menutupnya dengan shower cap, ya.

Di pagi hari, bersihkan petroleum jelly yang menempel dengan baby oil. Setelah itu, gunakan sisir kutu untuk membersihkan kutu dari kulit kepala Anda.

Ulangi langkah-langkah tersebut setiap malam sampai kutu benar-benar hilang.

Tea tree oil

Tea tree oil adalah bahan alami selanjutnya yang cocok digunakan sebagai cara menghilangkan kutu rambut. Top 10 Home Remedies mengatakan, tea tree oil berfungsi sebagai insektsida alami sehingga kemunculan kutu bisa berkurang hingga akhirnya hilang.

Caranya, campur 1 sdt tea tree oil dengan 1 ons sampo dan 3 sdm minyak zaitun. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada seluruh kulit kepala dan rambut.

Tutup rambut dengan shower cap selama satu setengah jam lalu bersihkan dengan air hangat. Terakhir, bersihkan kutu dengan sisir kutu.

Baca Juga: 5 Bahan alami yang bisa Anda jadikan obat kutu rambut

Cuka

Salah satu manfaat cuka adalah digunakan sebagai cara menghilangkan kutu rambut.

Tahukah Anda bahwa cuka bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kutu? Selain efektif, cuka cukup murah dan aman untuk digunakan.

Anda perlu mencampur cuka dan air dengan perbandingan yang sama terlebih dahulu. Setelah tercampur rata, aplikasikan air cuka pada rambut dan kulit kepala lalu tutup dengan shower cap.

Diamkan dulu selama satu hingga dua jam. Selanjutnya, gunakan sisir kutu untuk membersihkan kutu yang sudah mati.

Selanjutnya: Tak banyak Anda sadari, berikut 4 penyebab ketombe

Editor: Belladina Biananda
Terbaru