4 Hal yang bisa Anda lakukan sebagai obat nyeri pinggang

Rabu, 06 Oktober 2021 | 18:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Hal yang bisa Anda lakukan sebagai obat nyeri pinggang


KONTAN.CO.ID - Nyeri pinggang adalah suatu masalah kesehatan yang sering terjadi. Tak perlu khawatir, ada beragam obat nyeri pinggang yang bisa meringankan sakit yang Anda rasakan.

Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikan jadwal periksa ke dokter, ya. Anda tetap perlu mengonsultasikan kondisi tubuh Anda. Terlebih jika muncul masalah kesehatan lain yang lebih serius.

Misalnya, tubuh menggigil dan demam, rasa sakit yang tak kunjung hilang dalam jangka waktu lama. Supaya kondisi-kondisi tersebut tak Anda alami, ada beberapa hal yang bisa Anda coba untuk lakukan:

Kurangi stres

North Texas Medical Center menyebutkan, sakit pinggang bisa berkurang saat Anda mengurangi stres. Stres berlebih yang Anda alami terlalu lama bisa mengganggu pernapasan yang mana berpengaruh pada kesehatan pinggang dan kesehatan secara menyeluruh.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan supaya stres berkurang. Mulai dari mengonsumsi makanan bergizi, mencoba meditasi, yoga, hingga menjajal kegiatan relaksasi yang lain seperti menulis jurnal.

Baca Juga: 7 Ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal, jangan Anda abaikan

Gunakan kompres

Kompres dingin termasuk obat nyeri pinggang.

Obat nyeri pinggang yang cukup efektif adalah kompres, baik kompres dingin ataupun kompres hangat. Selain memberikan hasil yang cukup efektif, harga kompres pun tak terlalu mahal.

Jika pinggang terasa sakit setelah Anda olahraga, terjatuh, atau terbentuk, cobalah untuk meredakan rasa nyerinya dengan kompres. Anda bisa memakai kompres dingin atau hangat yang dijual di apotek.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba membuat kompres dingin dan hangat sendiri. Gunakan sekantung es batu yang dibalut dengan handuk bersih atau memakai handuk yang telah dicelupkan di air hangat.

Baca Juga: 5 Obat kencing batu ini berasal dari bahan-bahan alami

Perbaiki kualitas tidur

Memperbaiki kualitas tidur bisa jadi obat nyeri pinggang.

Tahukah Anda bahwa memperbaiki kualitas tidur bisa jadi obat nyeri pinggang? Aturlah posisi tidur senyaman mungkin supaya rasa sakit di pinggang bisa berkurang.

Anda bisa memilih bantal, kasur, atau matras yang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk mengurangi sakit pinggang.

Pilih sepatu yang nyaman

Mengutip dari North Texas Medical Center, memilih sepatu yang nyaman juga berpengaruh pada rasa sakit di pinggang.

Alih-alih memakai flat shoes atau high heels, cobalah untuk memakai sepatu dengan bantalan yang empuk. Jangan lupa untuk memakai sepatu dengan ukuran yang pas, ya.

Selanjutnya: 5 Penyebab nyeri perut sebelah kiri yang bisa Anda alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru