4 Kebiasaan yang Memperparah Bibir Pecah-Pecah dan Cara Mengatasinya

Rabu, 07 Februari 2024 | 13:09 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
4 Kebiasaan yang Memperparah Bibir Pecah-Pecah dan Cara Mengatasinya

ILUSTRASI. Ada beberapa kebiasaan yang memperparah bibir pecah-pecah


Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah - JAKARTA. Simak kebiasaan yang memperparah bibir pecah-pecah beserta langkah mengatasinya. Kondisi tidak nyaman di bagian bibir ini tentu bisa mengganggu penampilan.

Bibir pecah-pecah, atau yang dikenal sebagai cheilitis, adalah kondisi medis di mana bibir mengalami kering, pecah, dan terkadang dapat disertai dengan peradangan.

Cheilitis dapat disebabkan oleh berbagai faktor, dan kondisi ini dapat memengaruhi baik bibir atas maupun bawah.

Nah, Anda bisa mengenal lebih jauh beberapa penyebab bibir pecah-pecah yang bisa mengganggu penampilan Anda.

Baca Juga: 5 Bahan Ini Bikin Bibir Berwarna Merah Muda Alami

Penyebab bibir pecah-pecah

Bibir pecah-pecah

Ada beberapa penyebab umum bibir pecah-pecah antara lain:

  • Dehidrasi: Kurangnya asupan cairan atau dehidrasi dapat menyebabkan kulit bibir menjadi kering dan pecah.
  • Paparan Cuaca Ekstrem: Paparan terus-menerus terhadap cuaca ekstrem, seperti angin kencang atau suhu dingin yang rendah, dapat menyebabkan kekeringan pada bibir.
  • Infeksi Jamur atau Bakteri: Infeksi jamur atau bakteri pada bibir dapat menyebabkan peradangan dan pecah-pecah.
  • Reaksi Alergi: Paparan terhadap bahan-bahan alergen, seperti pewarna bibir atau lipstik tertentu, dapat menyebabkan reaksi alergi pada bibir.
  • Defisiensi Nutrisi: Kekurangan vitamin dan mineral tertentu, seperti vitamin B atau zat besi, dapat berkontribusi pada kondisi bibir pecah-pecah.

Baca Juga: Bisakah Bibir Hitam Padahal Tidak Merokok?

Kebiasaan yang memperparah bibir pecah-pecah

Untuk itu, Anda pelru memahami beberapa kebiasaan yang memperparah bibir pecah-pecah dan kering, dirangkum dari Lavender Lavender Backyard.

1. Menjilat Bibir

Banyak orang yang memiliki bibir pecah-pecah sering menjilat bibir mereka. Mungkin terasa lebih baik sejenak, tetapi sebenarnya Anda merusak bibir Anda.

Kebiasaan menjilat secara berulang dapat menghilangkan lapisan permukaan berminyak yang melindungi bibir dari kulit. Ini membuat kelembapan dari kulit hilang dan menyebabkan bibir pecah-pecah.

2. Menggigit atau Merobek Bibir

Mungkin menggoda untuk mengambil serpihan yang mengganggu dari bibir yang sudah pecah-pecah, tetapi orang yang sering menggigit atau merobek bibir mereka dapat menyebabkan iritasi lebih lanjut.

Perilaku ini membuat Anda meredakan bibir dengan menyentuh atau menjilat bibir. Siklus tanpa akhir bibir kering, pecah, merobek, dan menjilat membuat bibir sulit untuk sembuh.

3. Bernapas dengan Mulut

Karena bibir Anda sudah rentan terhadap kering, bernapas dengan mulut saat tidur menghilangkan kelembapan dan membuat bibir pecah-pecah menjadi lebih buruk. Cenderung bagi orang yang bernapas dengan mulut untuk sering menjilat bibir.

4. Bahan yang Mengiritasi

Bila Anda kerap menggunakan lip balm yang mengiritasi akan membuat bibir pecah-pecah Anda semakin parah saat sedang berusaha sembuh. Beberapa bahan dapat mengiritasi bibir kering yang sebaiknya dihindari saat bibir Anda sedang pecah-pecah.

Beberapa bahan seperti Kamfer, Eukaliptus, Pewangi, Lanolin, Mentol, Fenol, hingga Octinoxate atau oksibenzona.

Baca Juga: 7 Tanda Paru-Paru Anda Bermasalah, Banyak yang Abai

Mengatasi bibir pecah-pecah dengan minuman

Ada beberapa mengatasi bibir pecah, sangat penting untuk memperhatikan hidrasi dan memilih minuman yang dapat membantu menjaga kelembapan bibir. Beberapa minuman yang dapat membantu mengatasi bibir pecah antara lain:

1. Air Putih

Konsumsi air putih adalah cara terbaik untuk menjaga tubuh dan bibir tetap terhidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan bibir kering dan pecah, oleh karena itu, pastikan untuk minum cukup air setiap hari.

2. Infused Water

Anda bisa menambahkan potongan buah-buahan segar seperti mentimun, lemon, atau stroberi ke dalam air putih untuk memberikan rasa dan nutrisi tambahan. Ini bisa membantu meningkatkan minat Anda dalam minum air.

3. Teh Herbal

Teh herbal tanpa kafein seperti chamomile atau peppermint dapat memberikan efek menenangkan dan membantu dalam menjaga kelembapan bibir.

4. Minuman Kelapa

Air kelapa mengandung elektrolit alami dan dapat membantu mengatasi dehidrasi. Ini juga dapat memberikan kelembapan ekstra untuk bibir.

5. Smoothie Buah

Buat smoothie dengan campuran buah-buahan segar yang kaya akan vitamin dan antioksidan. Smoothie ini dapat memberikan nutrisi penting untuk kulit, termasuk bibir.

Hindari minuman yang dapat menyebabkan dehidrasi seperti minuman berkafein, minuman beralkohol, dan minuman bersoda yang tinggi gula. Selain minuman, perhatikan juga asupan makanan yang kaya akan vitamin dan mineral untuk membantu menjaga kesehatan kulit, termasuk bibir.

Itulah beberapa informasi terkait kebiasaan yang memperparah bibir pecah-pecah beserta langkah mengatasi dengan minuman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru