4 Langkah pencegahan virus corona saat makan di restoran

Kamis, 11 Februari 2021 | 21:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Langkah pencegahan virus corona saat makan di restoran

KONTAN.CO.ID - Selama pandemi virus corona, makan di restoran merupakan salah satu hal yang berisiko. Kebijakan pemilik restoran dan kedisiplinan pengunjung jadi salah satu kunci pencegahan Covid-19 bisa terlaksana secara efektif.

Mengutip dari Best Life, ada beberapa hal yang perlu dilakukan pemilik restoran untuk meminimalisasi transmisi virus corona di restoran. Pertama, dengan meningkatkan filter atau penyaring AC dalam restoran.

Kedua, dengan memasang pelindung tambahan di bawah meja pelanggan. Tujuannya agar droplet yang mengandung virus corona tidak tersebar dan terhirup ke pelanggan yang datang.

Selain itu, masih ada beberapa hal lain yang perlu Anda lakukan untuk menghindari penularan virus corona.

Baca Juga: Catat! Dua masker yang pas di wajah mengurangi penyebaran Covid-19

Makan di luar ruangan

Alih-alih duduk dalam restoran, usahakan untuk memilih tempat duduk yang ada di luar ruangan restoran. Ruangan outdoor memperkecil risiko penularan virus corona karena ventilasi udaranya yang bagus.

Jika restoran favorit tak menyediakan outdoor, ada baiknya untuk membungkus makanan dan mengonsumsinya di rumah.

Jaga Jarak

Salah satu pencegahan Covid-19 di restoran adalah dengan tetap jaga jarak.

Pencegahan Covid-19 selama di restoran akan semakin lengkap saat Anda tetap menjaga jarak dengan orang lain. Menurut Best Life, sebaiknya Anda menjaga jarak dengan orang lain sejauh dua meter.

Baca Juga: Penting! Masyarakat perlu tahu gejala klinis Covid-19, ini alasannya

Tetap pakai masker

Saat Anda masih menunggu makanan atau sudah selesai makan, tetap gunakan masker agar terhindar dari infeksi virus corona. Jika masker kotor atau terkena makanan dan minuman, segera ganti dengan masker yang lain.

Maka dari itu, usahakan untuk selalu membawa masker cadangan ketika keluar rumah.

Cuci tangan

Jangan lupa untuk mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik sebelum makan dan sebelum meninggalkan restoran. Jika Anda ingin memakai hand sanitizer, pastikan untuk memakai produk yang terbuat dari minimal 60% alkohol.

Hal penting lain yang perlu Anda perhatikan adalah durasi Anda berada di restoran. Semakin lama waktu yang Anda habiskan di restoran, semakin tinggi pula risiko terpapar virus corona. Karena itu, usahakan untuk berada di restoran dalam waktu yang sebentar.

Selanjutnya: Studi terbaru, inilah batasan daya tahan tubuh pasca sembuh dari corona

Editor: Belladina Biananda
Terbaru