4 Makanan yang Menyehatkan Bagi Penderita Asam Lambung, Mau Coba?

Jumat, 10 Juni 2022 | 14:43 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
4 Makanan yang Menyehatkan Bagi Penderita Asam Lambung, Mau Coba?

ILUSTRASI. Brokoli adalah salah satu makanan menyehatkan bagi penderita asam lambung.


KESEHATAN - Mengkonsumsi makanan yang menyehatkan penting untuk dilakukan, apalagi bagi penderita asam lambung. Penderita asam lambung disarankan untuk banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi dan menyehatkan.

Hal tersebut dilakukan untuk mengontrol asam lambung supaya tidak semakin bertambah. Pasalnya, jika kadar asam lambung semakin bertambah berisiko menimbulkan berbagai penyakit berbahaya lainnya.

Umumnya, jika asam lambung naik akan menimbulkan gejala-gejala yang membuat tidak nyaman. Contohnya, seperti munculnya sensasi terbakar dari perut hingga mulut, sakit perut, sakit tenggorokan hingga kesulitan makan dan gejala lainnya.

Baca Juga: Y2mate, Situs Alternatif Download Video Youtube Gratis Selain Savefrom

Melansir dari TIF Procedure, terdapat beberapa pilihan makanan yang menyehatkan bagi penderita asam lambung, di antaranya:

Makanan yang Mengandung Banyak Serat

Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat adalah salah satu mengobati asam lambung secara alami. Hal tersebut dikarenakan serat dapat menyerap asam lambung pada saluran pencernaan. Sehingga asam lambung menjadi lebih terkontrol.

Selain dapat mengobati asam lambung secara alami, makanan yang mengandung banyak serat juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sayuran Hijau

Dilansir dari TIF Procedure, berbagai jenis sayuran hijau mampu mengatasi asam lambung jika dikonsumsi secara rutin. Contohnya seperti brokoli. 

Sayuran hijau umumnya mengandung lemak yang rendah serta dapat menetralkan asam lambung karena bersifat alkalin. Hampir semua sayuran hijau aman untuk dikonsumsi penderita asam lambung. Namun, Anda harus memerhatikan cara mengolahnya.

Baca Juga: 5 Pilihan Obat Sakit Kepala yang Ampuh Atasi Nyeri, Mau Coba?

Lemak Sehat

Makanan yang menyehatkan bagi penderita asam lambung lainnya yaitu makanan yang mengandung lemak sehat. Contoh makanan yang mengandung lemak sehat di antaranya alpukat, minyak zaitun dan lain-lain. 

Selain aman bagi penderita asam lambung, makanan yang mengandung lemak sehat juga mampu meredakan peradangan pada sistem pencernaan.

Buah Tidak Asam

Penderita asam lambung juga dapat mengkonsumsi buah yang tidak memiliki rasa asam. Terdapat beberapa buah yang sebaiknya dihindari seperti jeruk, lemon, nanas sert buah asam lainnya. 

Hal tersebut dikarenakan buah yang mengandung asam asetat kurang baik bagi penderita asam lambung. Oleh sebab itu makanlah buah yang tidak asam seperti pisang atau melon. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru