4 Manfaat cuka apel untuk wajah, termasuk mengobati jerawat

Kamis, 06 Mei 2021 | 19:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Manfaat cuka apel untuk wajah, termasuk mengobati jerawat

KONTAN.CO.ID - Cuka apel adalah salah satu bahan alami yang memiliki banyak kegunaan. Tak hanya menjaga kesehatan tubuh, Anda juga bisa mendapat manfaat cuka apel untuk wajah.

Hal itu berasal dari banyak kandungan penting yang terdapat dalam cuka apel.

Mengutip dari NDTV Food, cuka apel memiliki banyak asam asetat, ssam malat, asam sitrat, asam amino, dan vitamin serta mineral yang lain. Nutrisi itu mampu mengatasi berbagai macam masalah kulit yang Anda miliki.

Meski manfaat cuka apel ada banyak, Anda tetap perlu melakukan uji coba terlebih dahulu. Gunakan cuka apel di salah satu bagian kulit.

Jika kulit tidak iritasi dan tidak menunjukkan reaksi alergi apa pun, Anda bisa melanjutkan pemakaian sehingga kegunaan cuka apel ini bisa Anda dapatkan.

Mengatasi sunburn

Sunburn atau luka akibat paparan sinar matahari berlebih bisa diatasi dengan cuka apel. Selain mengurangi rasa sakit, bahan alami itu juga berguna untuk mempercepat proses penyembuhan.

Cara yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Pertama-tama, campur ½ gelas cuka apel dengan 4 gelas air biasa.

Selanjutnya, celupkan kain bersih dalam campuranitu lalu letakkan di atas kulit yang terbakar sinar matahari. Anda bisa mengulangi langkah tersebut beberapa kali dalam sehari sampai sunburn sembuh.

Baca Juga: 4 Rekomendasi obat gatal yang berasal dari bahan alami

Berguna sebagai toner

Fungsi cuka apel berikutnya adalah bisa Anda gunakan sebagai toner. Dengan pemakaian rutin, aliran darah menjadi lebih lancar, ukuran pori-pori mengecil, dan keseimbangan pH kulit bisa terjaga.

Bahan alami itu juga cocok digunakan oleh pemilik tipe kulit berminyak. Caranya, campur cuka apel dengan air. Anda bisa juga bisa menambahkan beberapa tetes essential oil supaya manfaatnya lebih terasa.

Setelah itu, aplikasikan pada kulit wajah menggunakan kapas. Diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air. Gunakan cuka apel sebanyak dua kali dalam sehari untuk mendapat hasil maksimal.

Mengobati jerawat

Salah satu manfaat cuka apel untuk wajah adalah mengatasi jerawat.

Manfaat cuka apel untuk wajah yang lain adalah digunakan sebagai obat jerawat. Antibakteri dan antijamur yang terkandung dalam cuka apel efektif menjaga kebersihan kulit dari bakteri dan jenis kotoran yang lain.

Sama seperti cara-cara sebelumnya, Anda perlu mencampur cuka apel dengan air terlebih dahulu. Selanjutnya, celupkan kapas pada campuran itu lalu aplikasikan pada jerawat. Diamkan dulu selama minimal 10 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Baca Juga: Efektif, ini 4 cara alami menghilangkan flek hitam

Mengatasi tanda penuaan

Cuka apel juga bisa dijadikan salah satu cara menghilangkan flek hitam dan tanda penuaan yang lain, lo. NDTV Food menyebutkan, sel kulit mati juga bisa dibersihkan sehingga kulit terlihat lebih cerah dan terawat.

Untuk mendapat manfaat cuka apel untuk wajah itu, Anda perlu mengaplikasikan kapas yang sudah dibasahi dengan cuka apel pada noda hitam. Diamkan selama minimal 30 menit kemudian bilas dengan air dingin.

Cobalah untuk melakukannya sebanyak dua kali sehari supaya khasiat cuka apel bisa semakin terasa.

Selanjutnya: 4 Cara menghilangkan jerawat secara alami yang mudah dicoba

Editor: Belladina Biananda
Terbaru