4 Manfaat daun sirih, bisa jadi obat sakit kepala

Jumat, 25 Juni 2021 | 20:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Manfaat daun sirih, bisa jadi obat sakit kepala

ILUSTRASI. Berbagai macam manfaat daun sirih berguna untuk kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh.


KESEHATAN - Ada banyak manfaat daun sirih untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Salah satu jenis bahan alami itu mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Dengan pemakaian rutin, kesehatan tubuh bisa tetap terjaga. Situs The Hans India menyebutkan, daun sirih memiliki efek mendinginkan sehingga dapat meredakan sakit kepala.

Cara yang perlu Anda lakukan pun mudah. Cukup aplikasikan daun sirih, baik yang sudah diremukkan atau berupa lembaran, di atas kening. Setelah beberapa saat, sakit kepala Anda bisa mereda.

Tidak hanya digunakan sebagai obat sakit kepala, tentu saja masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dari daun sirih. Misalnya, mengatasi gejala batu ginjal dan mengobati masalah kulit.

Menghentikan mimisan

Mimisan adalah salah satu kondisi yang biasa terjadi. Ada banyak faktor yang dapat membuat pembuluh darah dalam hidung pecah sehingga darah pun keluar dari lubang hidung Anda.

Salah satu cara mengatasinya adalah dengan memakai daun sirih. Caranya, gulung daun sirih lalu masukkan pada lubang hidung. Jangan lupa untuk menegakkan kepala agar mimisan tak bertambah parah.

Selain digunakan oleh orang dewasa, cara tersebut juga bisa diterapkan untuk anak-anak.

Baca Juga: Bisa turunkan gula darah, cek 4 manfaat daun sirsak ini

Mengatasi gejala batu ginjal

Salah satu kondisi yang terjadi akibat batu ginjal adalah penderitanya kesulitan untuk buang air kecil. The Hans India merekomendasikan Anda untuk rutin mengonsumsi daun sirih.

Pertama-tama, tumbuk daun sirih supaya Anda bisa mendapat ekstraknya. Campurkan ekstrak itu pada susu lalu konsumsi secara rutin.

Mengobati luka

Manfaat daun sirih berikutnya adalah mempercepat proses penyembuhan luka. Pertama-tama, remas daun sirih lalu aplikasikan ekstraknya di atas luka.

Setelah itu, tutup dengan daun sirih yang lain dan balutkan perban di atasnya. Namun, jika luka tak kunjung sembuh, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Baca Juga: Waspadai 5 efek samping lidah buaya yang bisa Anda alami

Mengobati jerawat

Salah satu manfaat daun sirih adalah mengobati jerawat.

Selain mempercepat proses penyembuhan luka, manfaat daun sirih lainnya adalah mengobati jerawat yang muncul di kulit Anda. Kemampuan itu berasal dari antimikroba yang terdapat dalam daun sirih.

Selain mengobati jerawat, daun sirih juga efektif mengatasi masalah kulit lain dan membuat kulit lebih lembut.

Selanjutnya: 4 Manfaat Daun Sirsak, Bisa Menurunkan Gula Darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru