4 Manfaat lidah buaya untuk rambut Anda, termasuk mengurangi ketombe

Selasa, 25 Mei 2021 | 18:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Manfaat lidah buaya untuk rambut Anda, termasuk mengurangi ketombe


KESEHATAN - Ada banyak bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. Lidah buaya, misalnya. Ada banyak manfaat lidah buaya.

Bukan tanpa alasan, manfaat lidah buaya untuk rambut bisa Anda dapat karena berbagai macam nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Mengutip dari Simply Organic Beauty, ada lebih dari 75 nutrisi yang terkandung dalam lidah buaya. Dengan pemakaian rutin, lidah buaya mampu menjaga kesehatan rambut Anda.

Usahakan untuk melakukan uji coba dulu, ya. Jika kulit kepala tak iritasi atau rambut rusak setelah memakai lidah buaya, Anda bisa melanjutkan pemakaian.

Namun, jika muncul reaksi alergi, segera hentikan pemakaian.

Mengurangi ketombe

Apakah Anda memiliki banyak ketombe? Jika iya, cobalah untuk mengatasinya dengan memanfaatkan lidah buaya.

Ada banyak faktor penyebab ketombe. Umumnya, masalah itu terjadi karena infeksi jamur. Nah, kandungan dalam lidah buaya mampu melawan infeksi tersebut.

Dengan pemakaian rutin, lidah buaya bisa mencegah pertumbuhan dan penumpukan jamur penyebab ketombe. Selain itu, lidah buaya dapat membersihkan bakteri dan kotoran lain yang mengganggu kesehatan kulit kepala dan rambut.

Baca Juga: 5 Rekomendasi obat jerawat alami, bahan mudah ditemukan

Mengurangi rasa gatal

Simply Organic Beauty menyebutkan, lidah buaya memiliki efek antipruritic yang bisa mengurangi rasa gatal. Hal itu menunjukkan, lidah buaya efektif mengobati psoriasis dan masalah kulit kepala yang lain.

Menurut sebuah penelitian, kondisi 80% penderita psoriasi membaik setelah menggunakan lidah buaya secara rutin. Tak hanya mengurangi rasa gatal, bahan alami itu juga mampu mengatasi kulit kepala kemerahan dan meradang.

Baca Juga: Ini 4 bahan alami yang bisa dijadikan obat gatal kulit

Menumbuhkan rambut

Salah satu manfaat lidah buaya untuk rambut adalah digunakan sebagai penumbuh rambut.

Manfaat lidah buaya untuk rambut selanjutnya adalah menstimulasi pertumbuhan rambut. Enzim yang terdapat dalam lidah buaya mampu membersihkan sel kulit mati yang menumpuk.

Dengan begitu, nutrisi yang dibutuhkan rambut bisa masuk ke kulit kepala sehingga pertumbuhan rambut menjadi lebih maksimal.

Meredakan peradangan

Manfaat lidah buaya untuk rambut bisa meredakan peradangan sehingga rambut yang tumbuh pun lebih sehat dan kuat. Sebab, lidah buaya mengandung antiinflamasi dan antiseptik yang dapat mengatasi masalah secara optimal.

Selanjutnya: 4 Manfaat madu untuk wajah ini bisa Anda dapat, termasuk obat jerawat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru