4 Obat gatal selangkangan ini dari bahan alami, lo

Rabu, 29 September 2021 | 15:01 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Obat gatal selangkangan ini dari bahan alami, lo

ILUSTRASI. Minyak kelapa merupakan salah satu contoh bahan alami untuk obat gatal selangkangan.


KESEHATAN - Rasa gatal bisa muncul di bagian kulit mana pun, tak terkecuali selangkangan. Nah, bila Anda merasakan kondisi tersebut, cobalah untuk mengatasinya dengan obat gatal selangkangan.

Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan di sekitar Anda sebagai obat gatal selangkangan.

Kulit yang terasa gatal bisa terjadi sebagai bentuk reaksi terhadap produk perawatan tertentu. Selain itu, masih ada penyebab kulit gatal yang lain, misalnya, infeksi jamur, bakteri, atau jenis penyakit yang lain.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah menjaga kebersihan. Pilihlah produk perawatan yang sesuai dengan tipe kulit Anda sehingga risiko iritasi bisa Anda hindari.

Nah, supaya rasa gatal bisa hilang lebih cepat, tak ada salahnya mencoba bahan alami di bawah ini:

Minyak kelapa

Melansir Healthline, kandungan dalam minyak kelapa berguna untuk membasmi jamur penyebab rasa gatal. Meski demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian lagi untuk benar-benar membuktikan manfaat minyak kelapa tersebut.

Baca Juga: Ini 4 bahan alami yang bisa Anda jadikan obat ketombe

Yogurt

Obat gatal selangkangan bisa dari yogurt.

Produk olahan susu, seperti yogurt, bisa Anda pakai untuk obat gatal selangkangan, lo. Sama seperti minyak kelapa, nutrisi yang terdapat dalam yogurt bisa melawan infeksi jamur. Dengan begitu, rasa gatal di bagian selangkangan dapat berkurang.

Supaya hasilnya lebih maksimal, cobalah untuk memakai yogurt greek tanpa rasa tambahan apa pun. Anda juga bisa mencampurnya dengan madu supaya hasil yang Anda inginkan semakin cepat Anda dapatkan.

Cuka apel

Apabila Anda mencari obat gatal selangkangan, maka cuka apel bisa jadi salah satu opsi.

Meski demikian, Anda tetap perlu berhati-hati karena cuka apel mengandung tingkat keasaman yang cukup tinggi. Selain itu, masih belum banyak penelitian yang membuktikan hal itu.

Campurkan cuka apel dalam air yang akan Anda pakai untuk mandi. Berendamlah dalam air tersebut selama 10 hingga 40 menit. Ulangi langkah tersebut secara teratur sampai rasa gatal hilang.

Baca Juga: Tak hanya madu, cek 6 rekomendasi obat alergi dingin ini

Baking soda

Baking soda bisa jadi obat gatal selangkangan.

Bahan lain yang direkomendasikan Healthline untuk menghilangkan rasa gatal adalah baking soda. Alasannya karena jenis bahan itu mengandung antijamur sehingga bisa menjaga kebersihan kulit dari serangan jamur.

Anda perlu mencampur ¼-2 gelas baking soda dalam air terlebih dahulu. Setelah larut, gunakan air tersebut untuk berendam. Lakukan langkah tersebut selama 10 sampai 40 menit untuk mendapat hasil maksimal.

Selanjutnya: Penyebab, gejala, dan cara mengobati penyakit kulit eksim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru