4 Rekomendasi obat bisul alami, mudah Anda coba

Selasa, 11 Mei 2021 | 20:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Rekomendasi obat bisul alami, mudah Anda coba

KONTAN.CO.ID - Bisul adalah folikel rambut yang mengalami infeksi. Masalah kulit itu bisa muncul di bagian tubuh mana pun, misalnya, selangkangan, ketiak, leher, dan wajah. Jika Anda mengalaminya, ada banyak obat bisul alami yang bisa Anda gunakan.

Laman Top 10 Home Remedies menyebutkan, penyebab bisul adalah infeksi staphylococcal bacteria. Di samping itu, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko kemunculan bisul. Mulai dari kebersihan yang tak terjaga, tubuh kekurangan nutrisi, hingga kondisi kesehatan tertentu.

Umumnya, bisul ditandai dengan benjolan kemerahan. Seiring berjalannya waktu, bisul akan membesar karena mengandung lebih banyak nanah.

Supaya kondisi tubuh Anda tak semakin terganggu, cobalah beberapa cara mengobati bisul berikut:

Kunyit

Bahan alami pertama yang bisa digunakan sebanyak obat bisul adalah kunyit. Jenis rempah itu mengandung antiseptik dan antiinflamasi yang dapat mempercepat proses penyembuhan bisul.

Tak hanya itu, senyawa dalam kunyit juga mampu mengurangi rasa sakit akibat bisul.

Caranya, campur 1 sdm bubuk kunyit dengan sedikit air hingga berbentuk pasta. Aplikasikan campuran itu pada bisul selama 20 hingga 30 menit.

Setelah itu, bilas dengan air. Anda perlu mengulangi langkah tersebut beberapa kali dalam sehari supaya bisul bisa sembuh dengan lebih cepat.

Baca Juga: Manfaat tempuyung sebagai obat herbal: mengobati bisul sampai asam urat

Cuka apel

Obat bisul alami berikutnya adalah cuka apel. Mengutip dari Top 10 Home Remedies, antiseptik dan antimikroba yang terkandung dalam cuka apel efektif melawan infeksi penyebab bisul.

Anda perlu mencampur cuka apel dengan air terlebih dahulu lalu aplikasikan pada bisul. Ulangi beberapa kali sampai bisul sembuh.

Bawang merah

Jika Anda mencari obat bisul alami, maka bawang merah bisa Anda jadikan pilihan. Sama seperti bahan-bahan alami sebelumnya, bawang merah mengandung antimikroba dan antiseptik sehingga efektif menyembuhkan bisul.

Pertama-tama, potong bawang merah menjadi beberapap iris. Letakkan irisan bawang merah di atas bisul lalu tutup dengan kain bersih.

Ganti irisan bawang merah dengan irisan yang baru tiap dua jam sekali. Terus lakukan cara tersebut sampai bisul pecah dan mengering.

Baca Juga: Daun bawang bermanfaat mengobati bisul

Bawang putih

Bawang putih bisa Anda manfaatkan sebagai obat bisul alami.

Selain bawang merah, bawang putih juga bisa digunakan sebagai obat bisul tradisional, lo. Caranya sangat mudah.

Pertama-tama, tumbuk beberapa siung bawang putih agar Anda bisa mendapat ekstraknya. Aplikasikan ekstrak bawang putih pada bisul selama beberapa menit lalu bersihkan dengan air.

Selanjutnya: 5 Bahan alami yang bermanfaat sebagai obat cantengan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru