CLOSE [X]

4 Tips Cara Beli Kripto di Tahun 2022, Awas Penipuan

Senin, 03 Januari 2022 | 09:47 WIB Sumber: Kompas.com
4 Tips Cara Beli Kripto di Tahun 2022, Awas Penipuan

ILUSTRASI. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari penipuan berkedok jual beli aset kripto. REUTERS/Dado Ruvic


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bukan rahasia lagi, saat ini pamor mata uang kripto semakin populer. Dari mulai kalangan menengah ke bawah hingga menengah atas sangat tertarik untuk memiliki aset dengan teknologi blockchain ini. 

Namun, tidak menutup kemungkinan saat ini banyak oknum yang memanfaatkan situasi dengan melakukan penipuan berkedok jual beli aeset kripto. Nah, bagi anda yang masih awam ini tentunya berpotensi merugikan. 

Tapi, jangan khawatir ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari penipuan berkedok jual beli aset kripto. Hal pertama adalah meastikan platform jual beli Anda telah memiliki izin dan diawasi oleh Bappebti atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi. 

Adapun beberapa tips beli kripto di tahun 2022, yakni sebagai berikut: 

Baca Juga: Aset Kripto Masih Jawara di 2021 dari Berbagai Instrumen Investasi

1. Memastikan penyelenggara perdagangan kripto berizin 

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, hal yang paling pertama harus dilakukan oleh investor sebelum membeli aset kripto adalah dengan memastikan izin perusahaan penyelenggara jual beli aset kripto, yakni yang terdaftar di Bappebti. 

“Kan banyak perusahaan kripto yang dibekukan, karena tidak mengikuti aturan Bappebti, dan saat terjadi masalah, Bappebti akan melakukan pembekuan,” kata Ibrahim kepada Kompas.com, Rabu (29/12/2021). 

Baca Juga: 2 Kripto Terbaik yang Bisa Dikoleksi di 2022, Bukan Shiba Inu atau Dogecoin

2. Memastikan ketersediaan/jenis dan jumlah koin 

Ibrahim bilang, penting bagi investor untuk mengetahui ketersediaan koin di platform perdagangan kripto. Hal ini untuk mengantisipasi, kalau-kalau produk kripto yang dijual hanyalah bersifat sementara saja. 

“Investor kalau akan membeli kripto harus melihat dulu, pertama produknya. Biasanya perusahaan kripto yang mempunyai produk yang berjenjang, kalua produknya cuma satu, ya harus berhati-hati bisa saja itu hanya sementara,” ujar Ibrahim.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru