4 Tips Jitu Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak dan Tahan Lama

Sabtu, 11 Februari 2023 | 08:35 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
4 Tips Jitu Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak dan Tahan Lama


TIPS & TRIK - Kebanyakan pekerja dan pelajar saat ini selalu menggunakan laptop baik untuk keperluan pekerjaan, belajar, bahkan hiburan.

Karena fungsinya yang sangat penting, tentu merawat laptop agar bisa bekerja dengan baik perlu dilakukan agar tetap awet. 

Sayangnya masih banyak masyarakat yang belum tahu bahwa kebiasaan sepele seperti mengisi baterai bisa mempersingkat umur pemakaian laptop. 

Baca Juga: Minggu Depan Berakhir, Ini Cara Registrasi Akun SNPMB 2023 untuk Siswa

Bersumber dari Instagram @kemenkominfo, ada empat tips tentang cara merawat laptop agar tidak mudah rusak. Berikut ini tips-tips yang bisa Anda pakai untuk menjaga kinerja laptop agar tetap berjalan dengan baik. 

Cara memasang charger laptop

Salah satu faktor yang menyebabkan umur laptop Anda tidak lama adalah pemasangan charger yang kurang tepat. Banyak orang yang masih keliru saat memasang charger ke kontak listrik maupun ke laptop. 

Cara yang benar untuk memasang charger adalah sambungkan terlebih dahulu baru kemudian menyambungkannya ke laptop. Jika terbalik, motherboard laptop Anda bisa cepat rusak karena listrik belum stabil. 

Jangan terus-menerus mengisi baterai

Anda sering mengisi baterai laptop semalaman tanpa henti? Mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut. Terkadang kita lupa saat mengisi baterai laptop sehingga membiarkannya tetap tercolok hingga berjam-ham bahkan semalaman.

Mengisi daya baterai secara nonstop justru akan membuat daya baterai Anda cepat berkurang. Selain itu, jangan mengisi baterai saat persetase nya masih banyak. 

Hindari tombol shutdown

Saat laptop not responding, kebanyakan dari kita pasti akan menekan tombol shutdown atau power dengan cukup lama untuk mematikan laptop.

Agar laptop tidak cepat rusak dan tahan lama, sebaiknya hentikan kebiasaan ini. Saat laptop not responding, coba tutup software yang bermasalah. 

Anda bisa menutupnya melalui Task Manager. Kebiasaan melakukan shutdown secara paksa membuat mesin cepat rusak sehingga Anda mau tidak mau harus servis atau membeli laptop baru.

Baca Juga: Daftar PTN di Indonesia dari Aceh hingga Papua Barat, Pilihan SNBP 2023

Sering memakai sleep mode

Banyak pekerja atau pelajar yang mungkin sering menggunakan sleep mode pada laptop mereka. Dengan menggunakan mode ini, Anda memang bisa langsung menggunakan laptop dengan cepat. 

Namun kebiasaan ini justru membuat laptop menjadi cepat rusak khususnya pada bagian baterai. 

Agar laptop tidak cepat rusak, pastikan laptop benar-benar mati atau shutdown setelah selesai dipakai. Hal ini bisa menjaga baterai tetap baik dan tidak boros.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru