5 Cara mengatasi rambut kering, pakai alpukat dan bahan lain

Rabu, 29 September 2021 | 08:33 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara mengatasi rambut kering, pakai alpukat dan bahan lain

ILUSTRASI. Jika Anda mencari cara mengatasi rambut kering, tak ada salahnya untuk memanfaatkan bahan alami di sekitar Anda.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kondisi kering membuat rambut lebih sulit untuk ditata. Selain itu, rambut kering juga berisiko menyebabkan kebotakan. Supaya Anda terhindar dari masalah tersebut, ada baiknya untuk segera mempraktikkan cara mengatasi rambut kering.

Rambut kering terjadi karena rambut tak mampu menjaga kelembaban. Ada banyak faktor yang memicu kondisi tersebut. Melansir Timesnownews.com, penyebab rambut kering adalah mencuci rambut terlalu sering, paparan sinar matahari yang tinggi, hingga pemakaian alat penata rambut bersuhu tinggi.

Kondisi kesehatan, seperti tubuh yang kekurangan nutrisi tertentu, juga bisa membuat rambut Anda kering. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengonsumsi makanan bergizi dalam jumlah yang cukup.

Selain itu, tahukah Anda bahwa bahan-bahan alami juga bisa digunakan untuk mengatasi rambut kering? Cobalah untuk memakai bahan ini secara rutin supaya rambut tetap lembab dan bisa tumbuh dengan lebat serta kuat.

Baca Juga: Ini 4 masker rambut untuk rambut kering dan mengembang

Alpukat

Bahan alami pertama yang dapat Anda pakai adalah alpukat. Jenis buah itu memiliki banyak vitamin A, vitamin E, dan jenis lemak yang mampu mengunci kelembaban rambut. Agar hasilnya maksimal, campur satu buah alpukat dan satu butir telur. Aplikasikan ke rambut selama 20 menit lalu bersihkan.

Telur

Telur bisa dipakai sebagai cara menagatsi rambut kering, lo.

Cara mengatasi rambut kering bisa Anda coba dengan mencampur satu telur dengan ½ gelas yogurt dan 3 sdm madu dalam sebuah wadah. Aduk rata kemudian oleskan pada rambut. Diamkan dulu selama minimal 15 menit kemudian bilas dengan sampi sampai bersih.

Cuka Apel

Mengutip dari Timesnownews.com, salah satu manfaat cuka apel adalah digunakan untuk mengatasi rambut kering. Anda perlu mencampur 1 sdt cuka apel dengan 2 sdm minyak zaitun dan tiga putih telur. Aduk rata kemudian oleskan pada seluruh rambut selama 30 menit kemudian bilas.

Pisang

Pisang bisa dipakai sebagai cara mengatasi rambut kering.

Tahukah Anda bahwa pisang berguna sebagai cara mengatasi rambut kering? Kandungan kalium dalam pisang pun efektif mengatasi rambut bercabang. Caranya, gunakan pisang yang telah dihaluskan pada rambut selama satu jam kemudian bersihkan memakai air hangat.

Baca Juga: Ada banyak obat ketombe dari bahan alami, apa saja?

Minyak Zaitun

Supaya rambut tak kering, cobalah untuk memakai minyak zaitun secara rutin. Sama seperti bahan yang lain, minyak zaitun dipenuhi dengan berbagai macam nutrisi. Misalnya, vitamin E, antioksidan, dan lain-lain.

Anda perlu menghangatkan minyak zaitun terlebih dahulu lalu aplikasikan pada seluruh bagian rambut. Selanjutnya, tutup rambut dengan handuk selama minimal 30 menit kemudian cuci dengan air. Selain mengatasi rambut kering, minyak zaitun juga mampu membuat rambut terlihat lebih berkilau.

Sebelum memakai bahan-bahan alami di atas, pastikan untuk mengujinya terlebih dahulu, ya. Bila kulit kepala tak iritasi atau tidak ada reaksi alergi lainnya, Anda bisa melanjutkan pemakaian.

Selanjutnya: 5 Cara menghilangkan ketombe, bahannya mudah Anda dapat

Editor: Belladina Biananda
Terbaru