5 Cara menghilangkan gusi bengkak ini bisa dicoba di rumah

Rabu, 23 Juni 2021 | 11:44 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara menghilangkan gusi bengkak ini bisa dicoba di rumah

ILUSTRASI. Salah satu manfaat lidah buaya adalah digunakan sebagai cara menghilangkan gusi bengkak.


KESEHATAN - JAKARTA. Gusi bengkak merupakan hal yang biasa terjadi. Namun, kondisi itu bisa jadi tanda masalah kesehatan yang lebih parah jika terjadi dalam jangka waktu lama. Apalagi dibarengi dengan gejala lain. cara menghilangkan gusi bengkak pun perlu segera Anda lakukan.

Pain Assist (epainassist.com) menyebutkan ada beberapa faktor yang menyebabkan gusi bengkak. Mulai dari sisa makanan yang tertinggal di sela gigi, munculnya karang gigi, reaksi alergi, perubahan hormon, dan lain sebagainya.

Beberapa bahan alami bisa Anda gunakan untuk mengobati gusi bengkak. Namun, perlu diingat bahwa bahan-bahan ini hanya jadi obat sementara. Jika gusi bengkak tak kunjung mereda, segera periksakan diri ke dokter supaya Anda bisa mendapat perawatan yang tepat.

Tea Tree Oil

Bahan pertama yang dapat Anda manfaatkan untuk meredakan gusi bengkak adalah tea tree oil. Selain meredakan inflamasi, antibakteri yang terdapat dalam jenis minyak itu juga mampu mengurangi rasa sakit yang muncul akibat gusi bengkak.

Baca Juga: Perhatikan, inilah penyebab gusi bengkak

Lidah Buaya

Tahukah Anda bahwa lidah buaya bisa digunakan sebagai cara menghilangkan gusi bengkak? Anda hanya perlu mengaplikasikan gel lidah buaya pada gusi bengkak, diamkan selama beberapa saat, kemudian berkumurlah dengan air. Ulangi langkah itu beberapa kali dalam sehari untuk mendapat hasil maksimal.

Air Garam

Mengutip dari Pain Assist, gusi bengkak juga bisa Anda obati dengan air garam. Selain melawan infeksi, berkumur dengan air garam juga efektif mencegah penumpukan bakteri sehingga gusi bengkak tak semakin parah. Anda hanya perlu mencampur sejumput garam dalam segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur.

Baca Juga: Tidak hanya stres, inilah 5 penyebab gusi berdarah

Lemon

Salah satu cara menghilangkan gusi bengkak adalah dengan memakai lemon.

Cara menghilangkan gusi bengkak berikutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memakai lemon. Pertama, rebus air lemon dalam segelas air terlebih dahulu. Selanjutnya, gunakan air rebusan itu untuk berkumur sebanyak dua kali dalam sehari.

Baking Soda

Selain bahan-bahan yang telah disebutkan, baking soda pun berguna untuk mengobati gusi bengkak. Untuk memaksimalkan efeknya, Anda bisa mencampur baking soda dengan garam dan kunyit. Dengan pemakaian rutin, gusi bengkak bisa segera sembuh.

Selanjutnya: 4 Cara mengatasi gusi bengkak ini pakai bahan alami, lo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru