5 Cara menghilangkan komedo yang aman untuk kulit Anda

Kamis, 11 November 2021 | 09:54 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara menghilangkan komedo yang aman untuk kulit Anda

ILUSTRASI. Salah satu cara menghilangkan komedo adalah dengan memanfaatkan bahan alami.


KESEHATAN - JAKARTA. Pori-pori kulit yang tersumbat sebum atau jenis kotoran lain bisa menyebabkan komedo. Cara menghilangkan komedo perlu segera Anda lakukan untuk menghindari masalah kulit lain yang lebih serius, misalnya jerawat.

Perubahan hormon, kondisi lingkungan, tidak rajin membersihkan kulit, dan faktor-faktor yang lain bisa memicu kemunculan lebih banyak komedo. Selain memakai penghilang komedo, tak ada salahnya untuk sesekali memakai bahan-bahan alami.

Namun, jangan lupa untuk mencobanya dulu, ya. Anda juga perlu menggunakannya secara teratur supaya komedo bisa hilang dengan lebih cepat. Akan tetapi, jika komedo dan masalah kulit justru semakin parah, cobalah untuk segera pergi ke dokter.

Gula dan Madu

Firstcry.com mengatakan bahwa gula dan madu dapat Anda pakai sebagai penghilang komedo. Meski membersihkan sel kulit mati secara maksimal, tapi kombinasi bahan alami itu tidak mengiritasi kulit sehingga aman untuk Anda gunakan.

Caranya, campurkan gula dan madu masing-masing 1 sdm. Aduk rata kemudian gosokkan pada kulit secara merata. Diamkan dulu selama 5 menit sebelum Anda membilasnya dengan air. Anda bisa memakainya sebanyak dua kali dalam seminggu.

Baca Juga: Gampang dicari, pemutih wajah pria bisa dari 5 bahan ini

Oatmeal

Pakai oatmeal sebagai cara menghilangkan komedo.

Cara menghilangkan komedo berikutnya bisa Anda lakukan hanya menggunakan oatmeal dan air. Gabungkan dua bahan itu dalam sebuah wadah sampai berbentuk pasta. Aplikasikan dulu pada kulit selama 10 menit sebelum Anda menggosoknya secara perlahan lalu membilasnya dengan air.

Tea Tree Oil

Tea tree oil jadi bahan selanjutnya yang cocok Anda jadikan penghilang komedo. Melansir Firstcry.com, tea tree oil juga mengandung antimikroba yang efektif mencegah munculnya jerawat. Anda perlu mengencerkan tea tree oil dengan air terlebih dahulu setiap sebelum memakainya di bagian kulit berkomedo.

Baca Juga: Cari moisturizer untuk kulit kering? Coba 5 bahan ini

Air Mawar

Salah satu cara menghilangkan komedo adalah memakai air mawar.

Selain bahan-bahan di atas, air mawar pun berguna sebagai cara menghilangkan komedo. Tidak hanya membersihkan, kandungan dalam air mawar juga bisa melembutkan dan menyeimbangkan pH kulit. Gunakan air mawar pada kulit Anda sebanyak dua kali dalam sehari.

Madu

Penghilang komedo lainnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah madu. Pertama, hangatkan madu selama 15 menit. Lalu, oleskan madu itu pada wajah selama 15 menit pada wajah yang sudah dibersihkan. Kemudian, bilas sisa madu menggunakan air dingin.

Selanjutnya: Wajib coba, ini 5 masker wajah alami untuk kulit kusam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru