5 Cara menghilangkan lendir di tenggorokan pakai bahan alami

Selasa, 24 Agustus 2021 | 21:25 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara menghilangkan lendir di tenggorokan pakai bahan alami


KESEHATAN - Lendir di tenggorokan berguna untuk mencegah kondisi kering dan melawan infeksi bakteri atau virus. Tapi, jumlah lendir yang berlebihan bisa mengganggu kegiatan sehari-hari. Ada beberapa cara menghilangkan lendir di tenggorokan yang perlu Anda coba.

Penumpukan lendir bisa disebabkan karena infeksi flu, alergi, merokok, GERD, penyakit paru-paru atau kondisi yang lain. Mengutip dari NDTV, hal penting yang perlu Anda lakukan untuk mengurangi penumpukan lendir adalah dengan menjaga kelembaban udara di sekitar Anda.

Anda bisa menggunakan humidifier atau alat yang lain. Selain itu, memanfaatkan bahan-bahan alami juga bisa Anda jadikan pilihan. Tak hanya mudah ditemukan, bahan-bahan alami ini juga memiliki harga yang relatif murah:

Jahe

Ada banyak nutrisi penting yang terkandung dalam jahe. Mulai dari antivirus, antihistamin, antibakteri, dan lain sebagainya. Kandungan-kandungan itu mampu mengatasi saluran pernapasan yang tersumbat dengan cara mengurangi penumpukan lendir.

Baca Juga: Bisa pakai bahan alami, cek 4 cara mengobati sinusitis ini

Bawang putih

Bawang putih jadi bahan alami selanjutnya yang cocok digunakan sebagai cara menghilangkan lendir di tenggorokan. Kandungan dalam bahan alami itu mampu menghancurkan lendir sehingga lendir lebih mudah dikeluarkan.

Tidak berhenti sampai di situ, antimikroba yang terdapat dalam bawang putih efektif mencegah infeksi virus dan bakteri. Artinya, risiko penumpukan lendir yang lebih parah dapat Anda hindari.

Kapulaga

NDTV merekomendasikan kapulaga untuk mengurangi penumpukan lendir yang menyumbat pernapasan. Selain itu, mengonsumsi kapulaga juga baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Jadi, tak ada salahnya untuk mengonsumsi jenis rempah itu secara rutin.

Nanas

Nanas dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan lendir di tenggorokan.

Tahukah Anda bahwa nanas dapat digunakan sebagai cara menghilangkan lendir di tenggorokan? Bromelain, salah satu jenis enzim yang terkandung dalam nanas berperan sebagai antiinflamasi yang mana baik untuk kesehatan sistem pernapasan Anda.

Baca Juga: 8 Cara meredakan flu yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah

Bawang merah

Supaya lendir yang menyumbat pernapasan bisa berkurang hingga benar-benar hilang, cobalah untuk memanfaatkan bawang merah. Caranya, Anda perlu merendam bawang merah dalam air selama enam hingga delapan jam terlebih dahulu.

Setelah itu, minum air rendaman bawang merah itu sebanyak 3-4 sdm. Usahakan untuk melakukanya setiap hari untuk mendapat hasil yang maksimal. Tidak hanya berfungsi untuk mengurangi lendir, bahan alami itu juga efektif jadi obat batuk atau sakit tenggorokan.

Selanjutnya: Mudah didapat! Ini 7 bahan alami pereda radang tenggorokan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru