5 Cara Mengusir Kelabang di Rumah dan Mencegahnya Masuk ke Rumah

Kamis, 02 Juni 2022 | 15:22 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
5 Cara Mengusir Kelabang di Rumah dan Mencegahnya Masuk ke Rumah

ILUSTRASI. Cara mengusir kelabang.


KONTAN.CO.ID - Ada beragam cara mengusir kelabang yang masuk ke dalam rumah. Kelabang memang menjadi salah satu hewan yang keberadaannya tidak diinginkan di dalam rumah. 

Sebab, banyak orang yang takut jika digigit kelabang yang masuk ke dalam rumah. Kelabang suka bersembunyi di area gelap dan lembab seperti dapur, kamar mandi, maupun area lainnya di dalam rumah. 

Kelabang cenderung aktif di malam hari dan menghindari keluar di siang hari. Kelabang yang masuk ke dalam rumah biasanya memburu kecoa maupun rayap sebagai makanan mereka. 

Meskipun kelabang tidak berbahaya bagi manusia dan membantu membunuh banyak laba-laba dan serangga di sekitar rumah, gigitan mereka mengandung racun. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mengetahui cara mengusir kelabang di rumah. 

Lantas, bagaimana cara mengusir kelabang? 

Baca Juga: Cuan Juragan Sate Lipan dari Tanah Medan

Cara mengusir kelabang 

Dirangkum dari laman Wikihow, berikut adalah cara mengusir kelabang di rumah yang bisa Anda praktikkan:

1. Gunakan cairan pembasmi serangga 

Salah satu cara mengusir kelabang yang efektif adalah dengan membunuhnya begitu Anda melihatnya. Pergerakan kelabang sangat cepat, sehingga Anda perlu segera membunuhnya dengan menginjak atau menyemprot cairan pembasmi serangga ke kelabang. 

Namun, jika Anda tidak ingin membunuh kelabang, Anda dapat mencoba menangkapnya menggunakan toples dan melepaskannya di luar rumah. Tetapi, cara ini juga berisiko dengan toples menjadi pecah atau justru kelabang bisa bebas sebelum dikeluarkan dari rumah. 

Baca Juga: Sadis! 4 Film Ini Miliki Cerita Horor Disturbing yang Menyeramkan!

2. Gunakan sabun cuci piring 

Cara mengusir kelabang di rumah juga bisa menggunakan sabun cuci piring. Sabun cuci piring dapat membuat kelabang menjadi kering lalu mati. 

Dikutip dari Kompas.com (20/11/2021), cara membuatnya pun cukup mudah, campurkan 3,5 liter air hangat dengan dua sendok makan sabun cuci piring cair, lalu masukkan ke dalam botol semprot. 

Semprotkan larutan ke celah dan sudut yang gelap di rumah. Semprotkan setiap beberapa hari sekali untuk memastikan tak ada lagi kelabang yang berkeliaran di dalam rumah.

Baca Juga: Waspada, 8 Hewan Ini Sering Muncul di Rumah Saat Musim Hujan

3. Gunakan perangkap lengket 

Cara mengusir kelabang di rumah selanjutnya adalah dengan perangkap lengket. Letakkan perangkap tersebut di sudut atau celah kecil yang kemungkinan disukai oleh kelabang. 

Akan tetapi, perangkap ini kurang efektif untuk menangkap kelabang yang berukuran besar, sebab kelabang besar dapat melarikan diri dengan cara melepaskan kakinya. 

Meski begitu, perangkap lengket juga berfungsi untuk menjebak hama rumah lain, seperti semut, kecoak, laba-laba, dan lainnya.

Baca Juga: Khasiat Kunyit Hitam untuk Obat Batuk dan Pilek

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru