5 Cara meningkatkan nafsu makan ini wajib Anda coba

Selasa, 09 November 2021 | 14:11 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara meningkatkan nafsu makan ini wajib Anda coba

ILUSTRASI. Ada banyak cara meningkatkan nafsu makan. Tribun Jateng/Hermawan Handaka.


KONTAN.CO.ID - Kalau terus dibiarkan, nafsu makan yang rendah bisa mengganggu kesehatan tubuh secara menyeluruh. Supaya hal itu tidak terjadi, cara meningkatkan nafsu makan perlu segera Anda lakukan. Ada beberapa hal yang bisa Anda coba.

Perlu digarisbawahi bahwa tidak memiliki banyak nafsu makan dalam waktu singkat adalah hal yang normal. Mungkin cuaca sedang panas atau Anda banyak makan di hari sebelumnya. Namun, tentu saja hal itu bisa jadi bahaya jika berlangsung lebih lama dari biasanya.

Selain rajin olahraga, mengatur kebiasaan dan jenis makanan yang Anda konsumsi pun dapat menambah nafsu makan, lo. Anda bisa mengikuti cara-cara di bawah ini. Namun, jika tidak ada hasil yang Anda peroleh, jangan ragu untuk berkonsultasi pula dengan dokter, ya.

Pilih makanan bernutrisi

Laman Holland & Barret menyarankan Anda untuk menghindari junk food, kue, dan jenis makanan lain yang berkalori tinggi. Alih-alih mengonsumsi jenis makanan itu, cobalah untuk memilih jenih makanan lain yang lebih bernutrisi, seperti yogurt, buah, kacang, atau biji-bijian.

Baca Juga: 10 Bahan herbal yang berkhasiat jadi obat batuk berdahak dan kering

Perhatikan suhu makanan

Mengatur suhu makanan dan minuman yang akan Anda konsumsi bisa jadi cara meningkatkan nafsu makan.

Cara meningkatkan nafsu makan juga bisa Anda lakukan dengan memperhatikan suhu makanan yang akan Anda konsumsi. Ikan, daging, produk olahan susu, atau jenis salad tertentu memiliki rasa yang lebih nikmat jika dikonsumsi dalam suhu ruangan. Jadi, tak ada salahnya untuk mengeluarkannya dulu dari kulkas.

Perbanyak frekuensi makan

Mengutip dari Holland & Barrett, dibanding mengonsumsi tiga makan besar, cobalah untuk membaginya menjadi porsi makan yang lebih kecil. Dengan begitu, Anda bisa makan 6-8 kali dalam sehari. Dengan mengatur frekuensi makan itu, kebutuhan gizi tubuh tetap bisa terpenuhi.

Baca Juga: 8 Obat herbal pereda batuk yang bahannya mudah didapat

Pilih makanan yang Anda sukai

Selanjutnya, memilih menu makan yang Anda suka juga termasuk dalam daftar cara meningkatkan nafsu makan. Tapi, jangan lupa untuk tetap memerhatikan nutrisi yang terkandung, ya. Hindari jenis makanan yang mengandung kalori tinggi, misalnya, junk food.

Jangan minum terlalu banyak

Tidak minum banyak air putih termasuk cara meningkatkan nafsu makan.

Ketika Anda ingin menurunkan berat badan, salah satu langkah yang perlu Anda coba adalah dengan minum segelas air sebelum makan. Sayangnya, hal itu sebaiknya tidak Anda lakukan jika ingin menambah nafsu makan. Cobalah untuk tidak minum banyak air putih 30 menit sebelum jadwal makan berat.

Selanjutnya: Kaya serat, begini cara konsumsi buah pir yang aman untuk penderita diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru