5 Ide Kegiatan Seru Libur Akhir Tahun, Mulai dari Camping hingga Barbeku-an di Rumah

Rabu, 27 Desember 2023 | 12:05 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
5 Ide Kegiatan Seru Libur Akhir Tahun, Mulai dari Camping hingga Barbeku-an di Rumah

ILUSTRASI. Ide Kegiatan Seru Libur Akhir Tahun.


LIBUR PANJANG - Liburan akhir tahun yang bertepatan dengan liburan sekolah telah tiba. Nah, ada beberapa ide kegiatan liburan seru akhir yang bisa dilakukan bersama dengan keluarga. 

Berlibur menjadi salah satu aktivitas yang bisa dilakukan untuk melepaskan diri daru rutinitas sehari-hari. Dengan berlibur, kita dapat merasakan energi baru yang membuat kita semangat menjalani hari-hari kembali. 

Lalu, apa saja ide kegiatan liburan seru akhir tahun yang bisa dilakukan bersama keluarga? 

Baca Juga: Begini Tren Penjualan Sejumlah Produsen Elektronik pada Akhir 2023

Ide kegiatan liburan seru akhir tahun 

Dirangkum dari keterangan resmi Tokopedia, berikut adalah beberapa ide kegiatan liburan seru akhir tahun yang bisa dilakukan bersama dengan keluarga: 

1. Pergi camping sekalian healing 

Camping bersama keluarga bisa menjadi liburan alternatif bagi masyarakat yang ingin menikmati alam terbuka sambil healing

Berbagai tempat camping biasanya juga menyediakan pilihan kegiatan di luar, seperti trekking, rafting, paintball, flying fox, dan masih banyak lainnya, yang bisa memberi tantangan seru bagi keluarga dan anak-anak.

“Platform online masih menjadi pilihan masyarakat untuk mendapatkan berbagai kebutuhan, termasuk untuk kegiatan camping. Hal ini terbukti dari data Tokopedia yang mencatat kategori produk Hobi dan Gaya Hidup, termasuk produk berkaitan dengan kegiatan camping seperti tenda camping, sebagai salah satu kategori yang sangat diburu oleh masyarakat sepanjang semester I 2023,” kata Travel and Entertainment Business Senior Lead Tokopedia, Mirna Puspita.

Baca Juga: Libur Akhir Tahun Tiba, Rekomendasi Saham Hari Ini Tetap Ada

2. Gelar barbeku sambil berkaraoke 

Mengundang kerabat dan anggota keluarga lainnya untuk menikmati libur akhir tahun di rumah dapat menambah keakraban. 

Salah satunya dengan membuat acara barbeku sambil berkaraoke. Jangan lupa siapkan peralatan dan perlengkapan yang sesuai untuk kegiatan barbeku, seperti alat pemanggang beserta spatula, penjepit, dan sarung tangan tahan panas. 

Masyarakat bisa mencari berbagai perlengkapan untuk memasak barbeque lewat Home Living Inspiration Tokopedia, dengan promo cashback hingga Rp 50 ribu.

Sambil menikmati hidangan barbeku, agar suasana acara semakin meriah, masyarakat juga bisa berkaraoke menyanyikan berbagai genre musik, mulai dari dalam negeri, barat, hingga K-Pop yang saat ini sedang digandrungi. 

Baca Juga: Inflasi Inti Singapura Turun

3. Isi liburan dengan traveling bareng keluarga 

Di era pasca-pandemi, liburan akhir tahun bisa mulai dimanfaatkan untuk traveling ke luar kota bareng keluarga. 

Masyarakat bisa memanfaatkan kampanye Tokopedia Fantastrip yang memberikan pilihan aktivitas, tiket perjalanan dan penginapan yang lebih hemat. 

Ada pula promo diskon hingga 99% untuk pembelian tiket pesawat dan hotel lewat Tokopedia Fantastrip, khusus untuk tanggal 27 Desember mulai pukul 14.00 WIB.

Selain Jakarta, wilayah Medan, Surabaya, Bali dan 
Makassar menjadi beberapa destinasi domestik terpopuler untuk pembelian tiket pesawat menjelang akhir tahun 2023.

Di sisi lain, wilayah Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Semarang dan Surabaya merupakan destinasi yang paling diminati oleh masyarakat untuk pembelian tiket kereta api menjelang akhir tahun 2023. 

Baca Juga: Kapan Puncak Arus Balik Libur Akhir Tahun? Ini Prediksi Kemenhub

4. Kumpul keluarga sembari tukar kado dan nonton bersama

Jika tidak ada rencana untuk bepergian keluar kota, kumpul bersama keluarga sambil bertukar kado dan nonton bareng film favorit juga bisa dijadikan salah satu kegiatan alternatif. 

Siapkan kado spesial untuk ditukar dengan anggota keluarga lainnya, misalnya hampers, tanaman hias, lilin aromaterapi, diffuser, tumbler dan masih banyak lagi.

Setelah acara tukar kado, kegiatan liburan akhir tahun bisa dilanjutkan dengan nonton film bareng. 

“Pastikan kuota internet atau layanan TV kabel di rumah aman agar acara ‘nobar’ tidak terganggu. Tokopedia menyediakan berbagai voucher streaming yang dapat diakses 24/7,” tambah Mirna.

Baca Juga: Libur Natal 2023, Penumpang Kereta Api Meningkat 42%

5. Manjakan keluarga dengan staycation di hotel 

Jika bosan liburan di rumah, tapi tidak ingin keluar kota, staycation di hotel bisa menjadi jalan keluarnya. Pilih lah hotel atau tempat penginapan yang menyajikan pemandangan alam atau pemandangan gedung bertingkat. 

Pertimbangkan juga tempat penginapan yang memberikan fasilitas tambahan untuk keluarga, misalnya kebun binatang mini dan wahana permainan mini, agar keluarga betah menghabiskan waktu saat staycation.

“Salah satu contoh kegiatan lainnya yang bisa dilakukan bareng keluarga saat staycation adalah main board games atau permainan papan. Tokopedia menyediakan berbagai jenis board games di Tokopedia Funstation, dengan promo flash sale hingga 90%,” tutup Mirna. 

Demikian sejumlah ide liburan seru akhir tahun yang bisa dilakukan bersama keluarga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru