5 Jenis Rumput Ini Bermanfaat untuk Kucing, Disukai Mereka Juga!

Jumat, 29 April 2022 | 08:45 WIB Sumber: Humane Society,HGTV,My Cat Grass
5 Jenis Rumput Ini Bermanfaat untuk Kucing, Disukai  Mereka Juga!


HEWAN PELIHARAAN - Anda mungkin penasaran sekaligus khawatir mendapati kucing Anda tiba-tiba memakan rumput. Namun, bagi kucing mengunyah dan menelan rumput bermanfaat untuk membantu menghilangkan sisa makanan yang tak bisa dicerna, membantu meringankan sembelit, dan memberi mereka nutrisi tambahan asam folat. Asam folat (vitamin B9) dapat membantu pencernaan dan mendukung pertumbuhan sel. Selain itu, bagi beberapa kucing, mengunyah rumput adalah kegiatan menyenangkan untuk mengurangi stres.

Meskipun rumput memiliki manfaat untuk kucing, tak semua jenis tanaman rumput aman dan disukai oleh kucing. Oleh karena itu, sebagai pemilik Anda perlu mengetahui jenis rumput apa yang paling aman untuknya. Selain disukai, 5 jenis tanaman rumput ini juga bermanfaat untuk kucing.

Catnip

Catnip adalah salah satu tanaman dari keluarga mint yang memiliki penampilan daun berwarna hijau. Ini seperti ganja bagi kucing. Tanaman ini memiliki zat sejenis terpenoid yang disebut nepetalactone. Zat ini jika berinteraksi melalui bantuan epitel penciuman kucing, akan menyebabkan efek halusinasi.

Dilansir dari Humane Society, kebanyakan kucing bereaksi terhadap catnip dengan menggulung, membalik, menggosok, dan akhirnya membuat zona. Beberapa kucing mungkin akan agresif saat didekati. Sesi ini berlangsung sekitar 10 menit, setelah itu kucing akan kehilangan minat.

Anda harus berhati-hati dalam memberikan catnip, bila berlebihan kucing mungkin akan overdosis dan sakit karena terlalu banyak makan. Kendati demikian, tanaman ini dapat menghilangkan stres pada kucing dan meringankan gatal-gatal pada kulitnya. Sensitivitas catnip bersifat turun-temurun, tetapi 50% kucing tidak bereaksi dengan catnip.

Baca Juga: Harga Minyak Terkoreksi Tipis Jumat (29/4) Pagi, Bersiap Naik Lebih Tinggi

Rumput Kucing (Cat Grass)

Rumput kucing mengacu pada sejumlah jenis rumput yang ramah kucing, termasuk rumput gandum, gandum, dan barley. Rerumputan ini bukan stimulan seperti catnip, tetapi kucing suka memakannya dalam jumlah kecil. Manfaat dari rumput kucing ini adalah untuk mengatasi masalah pencernaan, mengatasi bola rambut yang tidak tercerna, dan memberikan nutrisi tambahan dalam makanan hewan.

Dilansir dari My Cat Grass, dari tiga varietas gandum, barley, dan oat, varietas yang paling umum dan disukai kucing adalah rumput gandum, kedua rumput barley, dan yang paling jarang adalah rumput oat. Kandungan pada daun gandum memang yang terbaik, tetapi bagi kucing yang sensitive rumput oat adalah pilihannya.

Cat Thyme

Selain catnip, cat thyme juga aman dan disukai kucing. Cat thyme memiliki nama ilmiah Teucrium marum yang merupakan spesies germander. Daunnya kecil dan lonjong. Namun, cat thyme memiliki bau yang kurang enak.

Efeknya sama seperti catnip. Sayangnya, tanaman ini cukup lama tumbuhnya. Maka, Anda perlu menanam lebih banyak untuk memberikan cat thyme ke kucing. Tanaman ini biasanya tumbuh di musim panas dengan bunga merah muda beraroma kuat.

Baca Juga: 7 Ras Kucing Ini Punya Angka Harapan Hidup hingga 20 Tahun, Lo!

Akar Valerian

Akar valerian merupakan tanaman yang berasal dari Inggris dengan nama latin Valeriana officinalis. Tanaman akar valerian berukuran kecil, berbunga dari bulan Juni hingga September, bunganya berwarna pink, dan baunya sedikit menyengat. Namun, valerian berkhasiat sebagai obat penenang, obat anti-muntah, dan memperkuat sistem organ-organ pencernaan. Selain itu, juga mengandung minyak atsiri yang dapat mengobati imsomnia dan kekejangan dalam serangan epilepsi.

Valerian biasanya digunakan untuk manusia sebagai parfum atau obat tidur, tetapi tanaman ini juga merupan stimulant untuk kucing. Respon yang diberikan juga mirip dengan catnip.

Akar Licorice

Di Indonesia, akar licorice juga disebut akar manis. Kandungan gizi yang terdapat dalam licorice adalah protein, karbohidrat, gula, vitamin A, dan senyawa antioksidan seperti flavonoid serta glycyrrhizin. Kandungan pada tanaman ini dimanfaatkan untuk mengobati berbagai kondisi penyakit tertentu, seperti mengatasi gangguan pernapasan, mengatasi kulit gatal, mengurangi permasalahan gigi, dan lain-lain.

Tak hanya bermanfaat untuk manusia, tanaman ini juga berkhasiat untuk hewan seperti kucing. Dilansir dari Hgtv, akar licorice anti-inflamasi yang dapat menenangkan hewan rematik, meningkatkan kesehatan hati dan dapat membantu menyelesaikan masalah pencernaan hewan. Kucing sangat menyukai rasa akar licorice.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru