5 Kesalahan Menata Rumah Mini, Terasa Sempit dan Tak Nyaman!

Kamis, 19 Mei 2022 | 16:20 WIB   Reporter: Kania Paramahita
5 Kesalahan Menata Rumah Mini, Terasa Sempit dan Tak Nyaman!


KONTAN.CO.ID - Tinggal di rumah yang tergolong kecil dan sempit memang memiliki tantangan tersendiri, terutama saat akan menata furnitur dan dekorasi.

Memang, rumah yang kecil akan menuntut Anda untuk pintar-pintar mengatur penataan furnitur dan dekorasi di dalamnya. Jika tidak ditata dengan benar, bisa-bisa rumah Anda akan terasa makin sempit, sehingga mengurangi kenyamanan saat menghuni rumah tersebut.

Jadi, kira-kira kesalahan apa saja yang sebaiknya dihindari saat menata rumah kecil? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Tidak mengoptimalkan pencahayaan

Mengutip MyDomaine, pencahayaan (terutama pencahayaan alami) pada dasarnya dapat membantu interior rumah terlihat lebih lapang dan cerah. Oleh karena itu, jangan abaikan aspek yang satu ini.

Untuk mengoptimalkan pencahayaan di rumah, Anda bisa menggunakan tirai jendela dengan kain tipis, memasang cermin untuk memantulkan dan menyebarkan cahaya, serta mengombinasikan berbagai jenis lampu di dalam rumah.

Menggunakan warna gelap

Jika Anda suka menggunakan warna-warna gelap untuk interior rumah, sebaiknya hindari hal tersebut untuk rumah kecil. Pasalnya, penggunaan warna gelap yang dominan dapat membuat interior rumah terasa makin sempit dan kecil.

Sebaiknya, gunakan warna-warna yang cerah untuk membantu “membuka” ruang di rumah kecil. Jika tetap ingin menggunakan warna gelap, cukup gunakan warna gelap sebagai warna aksen dalam jumlah kecil.

Baca Juga: Pahami Hal Ini Sebelum Mengecat Dinding Rumah dengan Warna Putih

Menggunakan furnitur yang terlalu besar

Satu kesalahan yang kerap terjadi saat menata rumah kecil adalah menggunakan furnitur atau pernak-pernik yang terlalu besar dan kurang proporsional dengan luas ruangan.

Jika Anda memaksa menggunakan furnitur yang terlalu besar tersebut, rumah Anda malah akan terasa makin penuh dan sempit. Solusinya, gunakan furnitur dengan ukuran yang ramping, tapi tetap fungsional dan sesuai dengan gaya interior rumah Anda.

Terlalu banyak menggunakan furnitur kecil

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, furnitur yang lebih kecil dan ramping pada dasarnya lebih cocok dengan rumah berukuran kecil. Namun, Anda juga perlu berhati-hati supaya rumah tidak dipenuhi oleh furnitur-furnitur kecil tersebut.

Dikutip dari Refinery29, penggunaan furnitur-furnitur kecil yang terlalu banyak justru akan membuat rumah terasa chaos atau ramai, sehingga memberi kesan penuh dan berantakan. Gunakan furnitur dalam jumlah secukupnya saja.

Menggunakan banyak tempat penyimpanan

Karena luasnya yang terbatas, tidak semua barang bisa diletakkan begitu saja di dalam rumah kecil. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, biasanya orang-orang mengandalkan berbagai tempat penyimpanan seperti boks, kontainer, hingga keranjang.

Melansir laman MyMove, penggunaan tempat penyimpanan atau storage yang terlalu banyak justru akan membuat rumah kecil Anda terasa penuh dan makin sempit. Sebaiknya, gunakan storage dalam jumlah secukupnya dan simpan di tempat yang tersembunyi sehingga tidak memenuhi rumah.

Itulah beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat menata rumah kecil. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru