5 Macam diet yang diklaim ampuh menurunkan berat badan

Senin, 26 Juli 2021 | 15:00 WIB   Reporter: Helvana Yulian
5 Macam diet yang diklaim ampuh menurunkan berat badan

KONTAN.CO.ID - Menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Anda mungkin adalah satu dari sekian banyak orang yang berusaha memilih jenis diet apa yang sesuai untuk tubuhmu. Banyak sekali ragam diet yang ampuh menurunkan berat badan. Melalui artikel ini, anda bisa mengetahui berbagai jenis diet yang cocok untuk menurunkan berat badanmu.

Banyaknya macam diet yang menjanjikan menurunkan berat badan secara drastis seringkali menjadi pembicaraan banyak orang. Apalagi jika diet tersebut berhasil dilakukan oleh tokoh publik seperti artis atau social media influencer. 

Tentu anda tidak mau kan, sudah susah payah diet tetapi justru tidak menurunkan berat badan. Agar tidak sia-sia, sebaiknya cari tahu dulu macam-macam diet, sehingga diet yang dilakukan sesuai dengan kondisi tubuhmu dan target yang telah ditentukan. Berikut 5 macam diet yang ampuh menurunkan berat badan.

Baca Juga: 5 Makanan Ampuh Redakan Nyeri Haid

Diet Paleo

Diet paleo merupakan salah satu jenis diet yang meyakini bahwa manusia perlu mengonsumsi makanan yang dahulu dimakan oleh manusia purbakala. Beberapa makanan yang diperbolehkan adalah buah-buahan, sayur-mayur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan protein rendah lemak.

Saat menjalani diet paleo, anda tidak dianjurkan mengonsumsi gula, produk susu, produk gandum, dan makanan yang diproses. Diet paleo ditemukan efektif dalam menurunkan berat badan dengan mengurangi konsumsi karbohidrat harian. Selain itu, diet paleo juga mampu mengurangi kadar gula darah, tekanan darah, kolesterol dan ampuh menurunkan berat badan. 

Diet Vegan

Diet vegan adalah jenis diet yang mengonsumsi segala macam jenis sayuran dan tumbuhan, serta tidak mengonsumsi apa pun yang berasal dari hewan, termasuk telur, produk susu, dan madu. Banyak penelitian yang menjelaskan bahwa diet ini menurunkan berat badan lebih cepat. Selain sebagai pola makan, diet vegan juga merupakan cara hidup seseorang yang menjunjung keseimbangan lingkungan dan menghindari perilaku tidak etis pada hewan.

Diet Keto

Diet keto adalah diet yang dilakukan dengan cara menerapkan pola makan rendah karbohidrat, namun tinggi lemak. Metode diet ini kian populer karena dianggap cepat menurunkan berat badan. Di sisi lain, diet keto masih kontroversial karena bila tidak dilakukan dengan tepat, mungkin bisa membahayakan kesehatan. Meski masih banyak pro dan kontra, beberapa studi menunjukkan bahwa diet keto tergolong aman dan juga efektif untuk dilakukan, terutama oleh penderita kelebihan berat badan atau obesitas. 

Baca Juga: 6 Pantangan asam lambung ini sebaiknya Anda hindari

Diet Zone

Jenis diet ini menekankan keseimbangan asupan karbohidrat (40%), lemak (30%), dan protein (30%) dalam setiap kali makan. Tujuan diet Zone adalah mengontrol kadar insulin darah yang akan berdampak baik menurunkan berat badan. Karbohidrat yang digunakan dalam diet ini adalah karbohidrat berkualitas baik yang belum diproses.

Diet DEBM

Diet DEBM (Diet Enak Bahagia dan Menyenangkan) pertama kali dipopulerkan oleh Robert Hendrik Liembono melalui buku panduan dietnya tahun 2018. Diet DEBM juga mengurangi asupan karbohidrat dan gula, serta memperbanyak asupan protein dan lemak. Meski efektivitas metode diet DEBM sendiri belum didukung hasil penelitian yang kuat, metode diet rendah karbohidrat memang telah terbukti efektif untuk menurunkan berat badan. 

Anda perlu mencari tahu diet mana yang sesuai untukmu. Pilihlah diet yang bisa dijadikan pola makan sehari-hari dan membuat nyaman untuk menjalani dalam jangka waktu panjang. Berikut 5 macam diet yang ampuh menurunkan berat badan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Selanjutnya: 10 Tanda Anda Harus Segera Mulai Diet

Editor: Helvana Yulian
Terbaru